Kreativitas Dan Inovasi Home Industry Tape Ketan Dalam Menunjang Keberhasilan Usaha Desa Tarikolot Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan.

Ani Qurotul Aeni, (2024) Kreativitas Dan Inovasi Home Industry Tape Ketan Dalam Menunjang Keberhasilan Usaha Desa Tarikolot Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008104053_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008104053_2_bab1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
2008104053_6_bab5.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2008104053_7_dafpus.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat home industry tape ketan yang belum melakukan kreativitas dan inovasi produk di Desa Tarikolot Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak permaslaahan terkait dengan UKM(usaha kecil menengah). Seperti halnya persaingan dalam menghasilkan sebuah produk yang berkualitas, sempitnya lokasi pemasaran, serta mendapatkan laba dan keuntungan yang cukup besar. Setiap pengusaha harus mempunyai strategi agar selalu unggul dalam persaingan, yaitu dengan cara melakukan kreativitas produksi yang akan meningkatkan nilai tambah suatu produk. Setelah melakukan kreativitas produksi pengusaha juga harus memastikan bahwa produk tersebut ini terjual. Karena keberhasilan dalam melakukan kreativitas produksi dapat dilihat pada hasil penjualannya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kreativitas yang dilakukan Home Industry Tape Ketan di Desa Tarikolot, inovasi yang dilakukan Home Industry Tape Ketan di Desa Tarikolot, dan ingkat keberhasilan Home Industry Tape Ketan di Desa Tarikolot. Tanpa adanya kreativitas dan inovasi home industry tape ketan tidak akan bertahan lama. Hal ini disebabkan karena kebutuhan, keinginan, dan permintaan konsumen yang berubah-ubah. Untuk itu diperlukan kreativitas dan inovasi terus menerus jika perusahaan ingin berlangsung lebih lanjut dan tetap berdiri serta mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Kedua home industry tape ketan di Desa Tarikolot Kecamatan Cibeureum sudah melakukan kreativitas dan inovasi dalam menunjang keberhasilan usaha., Hal ini dapat dilihat dari kreativitas yang dilakukan kedua home industry ini dengan cara menciptakan kemasan tape ketan yang beragam seperti, ember kecil, ember besar, toples bulat, dan mika plastik dan proses pembuatan tape ketan yang sudah mengikuti perkembangan zaman yaitu dengan menggunakan alat-alat yang terbaru dan canggih, yang sebelumnya mencuci beras dilakukan secara manual kini sudah menggunakan molen sehingga mempercepat proses pembuatan tape ketan Keberhasilan usaha juga mengalami peningkatan, hal ini dapat di lihat dari omset yang di dapatkan. Kata Kunci: Kreativitas, Inovasi, Keberhasilan Usaha

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 04:48
Last Modified: 11 Aug 2024 04:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item