Kompetensi Guru Dalam Memusatkan Perhatian Anak Usia Dini Di RA At-Taqwa Kota Cirebon.

SYITI RATNA AISYAH, (2024) Kompetensi Guru Dalam Memusatkan Perhatian Anak Usia Dini Di RA At-Taqwa Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1708108045_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708108045_2_bab1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
1708108045_6_bab5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
1708108045_7_dafpus.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi guru dalam memusatkan perhatian anak usia dini. Untuk membuat perkembangan anak lebih optimal, guru perlu membuat kegiatan belajar pada anak menjadi meyenangkan dan berkesan. Namun, guru tidak hanya berfungsi sebagai informan yang menyampaikan informasi kepada anak. Guru perlu membuat dapat anak memusatkan perhatian. Ketika anak memiliki perhatian yang baik maka anak akan lebih mudah dalam menerima setiap stimulus yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya. Sementara itu, anak-anak hanya dapat mempertahankan perhatian sekitar 5-10 menit. Oleh karena itu, perlu guru yang berkompeten dalam memusatkan perhatian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kompetensi guru RA AtTaqwa Kota Cirebon, (2) kompetensi guru dalam memusatkan perhatian anak usia dini di RA At-Taqwa Kota Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama penelitian ini adalah guru RA At-Taqwa Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, sosial dan kepribadian guru RA At-Taqwa Kota Cirebon dapat dikategorikan baik. Sedangkan kompetensi profesional guru RA At-Taqwa Kota Cirebon dapat dikategorikan sangat baik. Tidak ada guru RA At-Taqwa yang mendapatkan kategori tidak baik dalam setiap kompetensi. Kompetensi guru yang baik dapat membuat kinerja, motivasi kerja, dan manajerial kelas menjadi baik. hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik pada guru RA At-Taqwa mengambil porsi paling besar dalam memusatkan perhatian anak usia dini. Meskipun demikian, ketiga kompetensi yang lain seperti profesional, sosial dan kepribadian juga ikut serta membantu guru dalam memusatkan perhatian anak. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Pemusatan Perhatian, Anak Usia Dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:20
Last Modified: 12 Aug 2024 02:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item