Adinda Khilyaturrohmah, (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nur Fitri Desa Kanci Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008101017_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008101017_2_bab1.pdf Download (868kB) |
|
Text
2008101017_6_bab5.pdf Download (317kB) |
|
Text
2008101017_7_dafpus.pdf Download (617kB) |
Abstract
Penerapan metode Ummi sangat dipengaruhi oleh fasilitas/media pembelajaran serta dukungan atau perhatian dari orang tua. Kemampuan santri yang masih minim dalam membaca Al-Qur’an biasanya memiliki motivasi yang lebih rendah. Karena kurangnya perhatian orang tua membuat motivasi membaca AlQur’an santri sulit meningkat. Penting bagi orang tua dan pendidik untuk memahami penyebab rendahnya motivasi anak. Ada beberapa aspek dalam permasalahan ini, dimana hal tersebut berkaitan dengan upaya guru dan berkaitan dengan faktor internal santri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam peneparan metode ummi di TPQ Nur Fitri. 2) Untuk mengetahui kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Fitri. 3) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Nur Fitri Desa Kanci Kulon Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Lokasi penelitian ini di TPQ Nur Fitri Desa Kanci Kulon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan vefikasi. Serta keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa 1) Hasil penerapan metode Ummi di TPQ Nur Fitri sudah cukup berjalan dengan baik. 2) Pelaksanaan pembelajaran sudah diterapkan sesuai dengan standar sistem Ummi Foundation. 3). Kualitas membaca Al-Qur’an pada santri masih belum meningkat secara menyeluruh. Hal tersebut terlihat pada kemampuan dan minat santri yang berbeda-beda. Serta kurangnya fasilitas pendukung di lingkungan TPQ dapat menjadi faktor penghambat motivasi pembelajaran. Kata Kunci: Guru, Metode Ummi, Kualitas Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:59 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14311 |
Actions (login required)
View Item |