Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kota Cirebon

Siti Adiningsih, (2024) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109005_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008109005_2_bab1.pdf

Download (606kB)
[img] Text
2008109005_6_bab5.pdf

Download (259kB)
[img] Text
2008109005_7_dafpus.pdf

Download (378kB)

Abstract

Program Gerakan Literasi Sekolah memiliki peran penting dalam memperbanyak wawasan dan keterampilan literasi siswa ditingkat pendidikan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya belum bisa dikatakan optimal karena ada beberapa siswa yang tidak melakukan kegiatan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya minat baca. Oleh karena itu, perlu diadakannya literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dan meningkatkan pengetahuan siswa seperti kegiatan program literasi yang diadakan oleh MA Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kota Cirebon dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Salafiyah Kota Cirebon telah menerapkan program literasi dengan baik, sesuai dengan tujuan dan konsep dasar literasi. Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi adanya sarana dan prasarana, ketersediaan bahan bacaan, dukungan orang tua, dan waktu yang disediakan untuk program literasi. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat seperti kurangnya koleksi bahan bacaan yang sesuai dan lingkungan sekolah yang kurang mendukung serta tidak ada dana khusus untuk kegiatan program literasi. Untuk meningkatkan minat baca siswa, MA Salafiyah Kota Cirebon telah melakukan berbagai upaya, termasuk pengadaan lomba, pemberian reward kepada siswa, arahan dari pembina literasi atau para guru, dan dukungan orang tua dirumah. Hasil dari upaya tersebut menunjukkan peningkatan kunjungan ke perpustakaan, peningkatan keterampilan berpikir kritis, dan pengetahuan yang lebih luas bagi siswa. Selain itu, meningkatnya minat baca juga memberikan manfaat seperti peningkatan prestasi akademik, pengembangan keterampilan berkomunikasi, dan pengembangan karakter siswa. Dengan demikian, implementasi program literasi di MA Salafiyah Kota Cirebon telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat baca siswa dan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Kata Kunci : Implementasi, Program Literasi, Minat Baca Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:38
Last Modified: 16 Aug 2024 04:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14400

Actions (login required)

View Item View Item