Khofifah Rahmayanti, (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI ERA DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 4 SUBANG. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1.COVER sd DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas merupakan ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antara siswa maupun antara siswa dengan guru dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut di era digital ini maka pada pembelajaran tatap muka terbatas perlu diterapkan sebuah media audio visual sehingga guru dapat terbantu dalam penyampaian materi pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi, sehingga dapat memotivasi belajar siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan media audio visual, untuk mengetahui penggunaan media audio visual pada saat pembelajaran tatap muka terbatas, dan untuk mengetahui persepsi siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan media audio visual di era digital pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 4 Subang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yakni suatu cara peneliti dalam menjelaskan semua permasalahan yang ditemui pada penelitian secara ilmiah. Penelitian ini memfokuskan untuk mengumpulkan data�data observasi efektifitas pembelajaran tatap muka terbatas dan data hasil penyebaran angket persepsi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, dan quisioner angket. Selanjutnya data yang dianalisis terdiri dari, data efektifitas pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan media audio visual, dan data persepsi siswa terhadap penerapan pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan media audio visual pada pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi. Hasil penelitian menunjukan; 1) Proses pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan media audio visual di era digital memiliki rata-rata skor 83% dengan kriteria Sangat Tinggi. 2) Persepsi siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan media audio visual memiliki kriteria tinggi dengan skor 77,84 %. 3) Efektifitas pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan media audio visual pada materi kegiatan produksi memiliki kriteria tinggi dengan rata-rata skor 78%, pada materi kegiatan distribusi memiliki kriteria sangat tinggi dengan rata-rata skor 81%, dan pada materi kegiatan konsumsi memiliki kriteria sangat tinggi dengan rata-rata skor 84%. Kata Kunci: Efektifitas Pembelajaran tatap muka terbatas, Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:19 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14483 |
Actions (login required)
View Item |