Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak dan Literasi Digital terhadap Perilaku Mengatasi Cyberbullying

Tiya Imtiyazunnnisa, (2024) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak dan Literasi Digital terhadap Perilaku Mengatasi Cyberbullying. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I (1).pdf

Download (419kB)
[img] Text
6. BAB V (1).pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (240kB)

Abstract

Bullying merupakan masalah universal yang menyentuh hampir setiap orang, efek bullying dapat berlangsung seumur hidup dan berdampak kepada ekonomi yang terkait dengan penurunan produktivitas, pelecehan, intimidasi, merusak atau mengancam kemudian menciptakan risiko bagi kesehatan dan keselamatan. Perkembangan tekologi menciptakan bentuk baru bullying yakni bullying menggunakan media elektronik atau yang lebih dikenal dengan cyberbullying. Fenomena ini belakangan merupakan isu yang tengah menjadi perhatian serius di Indonesia. Karena aktivitas cyberbullying didukung dengan kepemilikan perangkat elektronik smartphone dan platform. Menurut data We Are Social Tahun 2024, aplikasi Whatsapp messenger dan TikTok merupakan aplikasi pesan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, di Indonesia, maka peneliti membatasi variabel dependen (cyberbullying) hanya difokuskan pada aplikasi Watsapp sessenger dan TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan literasi digital terhadap perilaku upaya mengatasi cyberbullying pada kalangan umum khususnya di lingkungan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang pengumpulan datanya menggunakan kuisioner angket dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kuantitatif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi dengan bantuan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi MI Plus Istiqomah, dengan mengambil sample dari siswa MI Plus Istiqomah. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VI A dan kelas VI B MI Plus Istiqomah, dimana kelas VI A berjumlah 23 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 47 siswa. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji T dan uji F yang menunjukkan bahwa: (1) nilai t hitung untuk pengaruh variabel Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Upaya Mengatasi Perilaku Cyberbullying adalah sebesar 5,080. Untuk menentukan nilai t tabel dengan tingkat signifikansi α = 5% dan jumlah responden 47, diperoleh nilai t tabel sebesar 2,012. Dengan demikian, t hitung 2,061 lebih besar daripada t tabel 2,012, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial dari variabel Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Upaya Mengatasi Perilaku Cyberbullying, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,045 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima; (2) nilai t hitung untuk pengaruh variabel Literasi Digital terhadap Upaya Mengatasi Perilaku Cyberbullying adalah sebesar 2,686. Untuk menentukan nilai t tabel dengan tingkat signifikansi α = 5% dan jumlah responden 47, diperoleh nilai t tabel sebesar 2,012. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa t hitung 2,686 lebih besar daripada t tabel 2,012, dan dapat disimpilkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial dari variabel Literasi Digital terhadap Upaya Mengatasi Perilaku Cyberbullying, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,010 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H2 diterima; (3) nilai F hitung antara Literasi Digital, Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Upaya Mengatasi Perilaku Cyberbullying sebesar 8,630. Jumlah responden sebanyak 47, dengan jumlah variabel independen 2, maka nilai F tabel yang dihasilkan adalah 3.20. Oleh karena itu, karen F hitung 8,630 lebih besar daripada F tabel 3.20, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan dari Literasi Digital, Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Upaya Mengatasi Perilaku Cyberbullying, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:21
Last Modified: 22 Aug 2024 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14499

Actions (login required)

View Item View Item