JOHAR MAKNUN, (2012) Pengaruh strategi pembelajaran dan pemberian motivasi belajar terhadap kreativitas siswa di MTS SYAFIIYAH Cisambeng kecamatan palasah kabupaten majalengka. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1. Hal Depan_18.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Bab 1_24.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. Bab 5_3.pdf Download (106kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka_3.pdf Download (118kB) |
Abstract
Johar Maknun NIM.505730010: Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pemberian Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Siswa di MTs Syafityah Cisambeng Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Kehidupan masayarakat mengalami perkembangan dan perubahan secara terus menerus. Perubahan yang terjadi di masyarakat tersebut dapat dijawab melalui pendidikan, karena pendidikan seharusnya mampu menjadikan anak didik lebih kreatif dalam belajar. Salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas belajar siswa adalah dengan cara mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat. Selain strategi pembelajaran kreativitas anak dapat ditumbuhkan melalui pemberian motivasi. Berdasarkan pengamatan di lapangan, para guru di MTs Safiiyah Cisambeng dalam proses pembelajaran telah menerapkan berbagai strategi pembelajaran dan memberikan motivasi belajar kepada anak, namun belum dapat menumbuhkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru terhadap kreativitas siswa MTs Syafiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka; 2). Mengetahui pengaruh pemberiaan motivasi terhadap kreativitas siswa MTs Syafiiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka; dan 3). Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan pemberian motivasi secara bersama-sama terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa MTs Syafiiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka. Kreativitas belajar seorang siswa dapat tumbuh manakala pendidik atau guru mampu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik anak didiknya. Selain itu, kreativitas belajar siswa dapat ditumbuhkan melalui pemberian motivasi oleh guru. Penerapan strategi pembelajaran yang tepat dan pemberian motivasi akan berimplikasi terhadap terciptanya kreativitas siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil setapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Metode survey biasanya digunakan untuk menjelaskan hubungan-hubungan korelasional antara satu variabel dengan variabel lainnya (corelational relationship), di samping untuk menguji hipotesis dan signifikansinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru berpengaruh terhadap kreativitas siswa MTs Syafiiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka. Signifikansi pengaruh strategi pembelajaran terhadap kreativitas siswa tersebut adalah 0.816. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang cukup kuat strategi pembelajaran terhadap kreativitas belajar siswa; 2). Pemberian motivasi oleh guru MTs Syafiiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka berpengaruh terhadap kreativitas belajar PAI siswa MTs Syafiiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka. Besarnyapengaruhpemberian motivasi terhadap kreativitas belajar PAl siswa adalah 0.879. Hal ini menunjukkanterdapat pengaruh yang signifikan pemberian motivasiterhadapkreativitas belajar siswa; dan 3). Strategi pembelajaran dan pemberian motivasi berpengaruh secara simultan terhadap kreativitas belajar siswa di MTs Syafiiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka dengan derajat 0,881. Hal ini berarti bahwa strategi pembelajaran dan pemberian motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar siswa di MTs Syafiiyah Cisambeng Kabupaten Majalengka karena memiliki derajat pengaruh sebesar 77.62%, sisanya, 22,38%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14560 |
Actions (login required)
View Item |