Pengaruh managemen Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru Dalam Mengajar Di Sekolah Dasar Islam Al-Basyariah Kota Bogor

ASMAWIYATI, (2019) Pengaruh managemen Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru Dalam Mengajar Di Sekolah Dasar Islam Al-Basyariah Kota Bogor. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

ASMAWIYATI :“pengaruh managemen Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru Dalam Mengajar Di Sekolah Dasar Islam Al-Basyariah Kota Bogor” Penelitian ini berangkat dari pengaruh managemen kepala sekolah terhadap kinerja guru yang masih kurang baik, (tidak semangat dan suka terlambat) menjadi akar permasalahan yang ada di Sekolah Dasar Islam Al-Basyariah. Sehingga akan berdampak buruk pada pembelajaran. Padahal etos kinerja guru dalam mengajardi sekolah sangat dipengaruhi oleh manajemen kepala sekolah dalam menberikan memotivasi kinerja kepada guru, mengingat perannya tidak hanya memberikan ilmu kepada siswa, akan tetapi juga akan berpengaruh pada proses tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Etos kerja dan kedisiplinan harus mendapat perhatian serius karena guru adalah penentu masa depan. Seorang guru yang mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi akan tetap bekerja dengan baik meskipun tanpa diawasi oleh atasan. Oleh karena itu, para pelaksana pendidikan baik; kepala sekolah,tenaga pendidik, maupun tenaga kependidikan diharapkan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik agar hasil yang dicapai sesuai dengan rencana. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen Kepala Sekolah? 2) Bagaimana etos kerja Guru di Sekolah Dasar Islam Al-Basyariah Kota Bogor? 3) Apakah ada hubungan antara manajemen kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru terhadap etos kerja Guru di Sekolah Dasar Islam Al-Basyariah Kota Bogor? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk megetahui manajemen Kepala Sekolah dalam memotivasi kinerja guru, sehingga dapat menunjang etos kinerja guru dalam mengajar 2) Untuk menganalisis dan mengetahui etos kinerja Guru di Sekolah Dasar Islam Al-Basyariah Kota Bogor3) Untuk menganalisis apakah benar manajemen kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru itu dapat meningkatkan etos kerja guru dalam mengajar Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: metode kuantitatif yang menganalisis dan mengelolah data secara statistik menggunakan program SPSS 16,0. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif yang menguji hubungan antara variabel dari hipotesis yang disertai data empiris. Adapun teknik pengumpulan data yaitu kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian ini: 1) Terdapat pengaruh positif nilai manajemen kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru terhadappeningkatkan etos kerja guru dalam mengajar berdasarkan hasil penghitungan uji parsial koefisien korelasi dengan kisaran hubungan sebesar 57,30%. Memiliki nillai cukup. 2) Terdapat pengaruh positif manajemen kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru terhadappeningkatkan etos kinerja guru dalam mengajar dengan kisaran hubungan sebesar 52,70% sisanya 47,30%, jika setiap kenaikan nilai peningkatan etos kerja guru 10% akan meningkatkan nilai peningkatan kerja guru sebesar (10% x 0,726) = 7,26% dan hal ini menunjukan nilai yang cukup.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:23
Last Modified: 24 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item