Peningkatan Nilai-nilai Religius pada siswa dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Jagapura Kulon Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon

LUTHFIAH, (2017) Peningkatan Nilai-nilai Religius pada siswa dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Jagapura Kulon Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Luthfiah, Nim. 14146310064. Peningkatan Nilai-nilai Religius pada siswa dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Jagapura Kulon Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Pendidikan merupakan media strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan juga merupakan salah satu sarana untuk dapat mengembangkan potensi diri siswa agar memiliki sikap dan perilaku lebih baik dari sebelumnya. Melalui pendidikan inilah diharapakan siswa dapat menjadi siswa yang cerdas baik secara jasmani maupun rohani. Nilai religius yang yang dijadikan dalam pendidikan karakter sangat penting karena keyakinan seseorang terhadap kebenaran nilai yang berasal dari agama yang dipeluknya bisa menjadi motivasi kuat dalam membangun karakter. Sudah tentu siswa dibangun karakternya berdasarkan nilai-nilai universal agama yang dipeluknya masing- masing sehingga siswa akan mempunyai keimanan dan ketakwaan yang baik sekaligus memiliki akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islamiyah Jagapura Kulon Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persepsi guru tentang pentingnya nilai religius yang melandasi pendidikan karakter dan sangat penting untuk siswa sejak dini karena dengan bekal keagamaan yang yang kuat sejak dini akan memperkokoh pondasi moral siswa di masa depan. (2) Peran madrasah dalam mendukung pelaksanaan nilai karakter religius dalam pendidikan karakter yaitu menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan, memberikan izin kepada guru untuk mengadakan suatu program kegiatan, mendukung adanya kegiatan-kegiatan yang ada di luar madrasah, serta memberikan teladan yang baik bagi siswa. (3) Pelaksanannya melalui program pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan rutin di madrasah, kegiatan spontan guru dan siswa, keteladanan yang diberikan guru, dan pengkondisian madrasah yang diciptakan sedemikian rupa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: nilai religius, pendidikan karakter, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:42
Last Modified: 24 Oct 2024 01:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item