Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dalam Perspektif Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SDIT Muhammadiyah Kota Cirebon

SRI YULIANANINGSIH, (2017) Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dalam Perspektif Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SDIT Muhammadiyah Kota Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
Cover Tesis Sri Yuliananingsih.pdf

Download (1MB)
[img] Text
isi TESIS bab 1 Sri Yuliananingsih.pdf

Download (600kB)
[img] Text
isi TESIS bab 5 Sri Yuliananingsih.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar pustaka Tesis Sri Yuliananingsih.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nama : Sri Yuliananingsih NIM : 14146110020 Judul Tesis : Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dalam Perspektif Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SDIT Muhammadiyah Kota Cirebon Dana Bantuan Operasional Sekolah sebagai program Pemerintah diperuntukan untuk pembiayaan operasional non personalia. Dana Bantuan Operasioanal Sekolah dalam penggunaannya tentu harus dengan manajemen yang baik dan berdasarkan petunjuk teknis atau petunjuk pelaksanaan agar tepat guna dan tepat sasaran, karena pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan yang baik akan menciptakan keseimbangan dan pencapaian tujuan sekolah. Sebagai sekolah swasta yang menerima Dana Bantuan Operasonal Sekolah, SDIT Muhammadiyah memiliki siswa berjumlah cukup banyak meskipun terdapat biaya SPP yang dibebankan kepada siswa dibandingkan sekolah negeri yang cenderung bebas biaya atau gratis. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya daya saing yang tinggi di SDIT Muhammadiyah Kota Cirebon. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Muhammadiyah Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengelolaan dana bantuan operasional di SDIT Muhammadiyah Kota Cirebon. Untuk menggambarkan manajemen pembiayaan pendidikan di SDIT Muhammadiyah Kota Cirebon. Untuk menggambarkan Efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah dalam perspektif manajemen pembiayaan pendidikan di SDIT Muhammadiyah Kota Cirebon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data dengan metode studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam perspektif manajemen pembiayaan pendidikan di SDIT Muhammadiyah dikatakan efektif. Hal ini terlihat dari terpenuhinya beasiswa bagi siswa miskin sejumlah 20%, siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sejumlah 100%, siswa yang putus sekolah sejumlah 0%, siswa yang ditarik kembali ke sekolah sejumlah 0%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Dana BOS, Manajemen Pembiayaan Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:31
Last Modified: 23 Oct 2024 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item View Item