USAHA PENGEMBANGAN UKM INDUSTRI EKONOMI KREATIF DI KOTA CIREBON DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

HERU KURNIAWAN, (2019) USAHA PENGEMBANGAN UKM INDUSTRI EKONOMI KREATIF DI KOTA CIREBON DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
BAB PENDAHULUAN pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I pdf.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (229kB)

Abstract

Heru Kurniawan : USAHA PENGEMBANGAN UKM INDUSTRI EKONOMI KREATIF DI KOTA CIREBON DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep diera ekonomi baru yang mengutamakan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Dalam pengembanganya ekonomi kreatif khususnya di Jawa Barat menggunakan model Quardple helix dimana peran pemerintah, pengusaha, akademik dan komunitas menjadi aktor utama dari model tersebut, aktor utama dari model Quardple helix ini mempunyai pilar pendukung seperti tersedianya sumberdaya, pembiayaan, pemasaran, sarana dan teknologi serta industri yang akan mempunyai pengaruh terhadap proses berjalanya ekonomi kreatif di kota cirebon khususnya. Di kota cirebon terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku ekonomi kreatif diantaranya adalah sumber daya manusia yang kurang kompeten, kurangnya modal, serta akses pemasaran masih lokal, hambatan tersebut yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat umum, fleksibel, dinamis serta eksploratif, dengan metode yang digunakan berupa kualitatif analisis deskriktif dimana penelitian ini akan mendeskripsikan suatu gejala yang terjadi saat ini, dengan memusatkan perhatian kepada masalah-masalah yang terjadi pada saat penelitian berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tindakan yang dilakukan pemerintah kota cirebon dalam menjawab beberapa masalah atau hambatan yang dihadapi para pelaku ekonomi kreatif. Penelitian ini mendapatkan hasil berupa tindakan yang dilakukan oleh pemerintah kota cirebon dalam mendukug pengembangan ekonomi kreatif seperti, mengadakan kegiatan Pelatihan kewirausahaan, pelatihan UMKM go Online, Pelatihan pengemasan produk dan Pelatihan perpajakan. Dalam bidang permodalan hal yang dilakukan berupa kegiatan Sosialisasi permodalan, Sosialisasi program dari kementrian serta Pengecekan untuk memastikan kebenaran UKM. Dalam bidang pemasaran hal yang dilakukan berupa Peningkatan kemitraan bagi usaha kecil menengah dengan pihak swasta, Penyelenggaraan promosi produk UKM, Kerjasama dengan market place online, Kerjasama dengan supermarket dan mini market serta Penyediaan Web UMKM..

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Usaha Pengembangan, Ekonomi Islam
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:36
Last Modified: 23 Oct 2024 01:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item