PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK NEGERI 1 JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU

SUDIN, (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK NEGERI 1 JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. Cover dan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

SUDIN : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X TKR I DI SMK NEGERI 1 JATIBARANG Media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pelajaran dengan tujuan agar merangsang peserta didik untuk belajar, serta dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu dalam belajar, selain itu media juga dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar. Guru PAI SMKN 1 Jatibarang dalam penggunaan media pembelajaran masih kurang mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X TKR I di SMK Negeri 1 Jatibarang kabupaten Indramayu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data mengenai penggunaan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu, untuk memperoleh data mengenai motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu, untuk memperoleh data mengenai prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMKN 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu, untuk memperoleh data mengenai pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMKN 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan media pembelajaran mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar, dan dapat menaikan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMKN 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji persentase, uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis) dan uji regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR I di SMK Negeri 1 Jatibarang yang berjumlah 980 siswa dengan sampel sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa Penggunaan media pembelajaran pada saat pembelajaran memperoleh respon yang baik, yaitu dengan diperoleh skor rata-rata dari keselurahan indikator sebesar 75,72% dengan kategori baik, motivasi belajar dari peserta didik dilihat hasil angket diperoleh skor rata-rata keseluruhan indiktaor yaitu sebesar 81,48% dengan kategori sangat baik, prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang didapat dari hasil data angket setelah diterapkannya penggunaan media pembelajaran diperoleh rata-rata dari keseluruhannya adalah 87,02% degan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:25
Last Modified: 25 Oct 2024 04:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item View Item