Rizqo Anis Safitri, (2024) Implementasi Kegiatan Pengajian Kitab Taisīr Al-Khalāq dalam Membentuk Perilaku Islami Mahasiswa di Ma’had AlJami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan Pondok Pesantren An-Nidhom Cirebon. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (611kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (262kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi kegiatan pengajian kitab Taisīr AlKhalāq di Ma’had Al-Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan Pondok Pesantren An-Nidhom Cirebon 2) Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan implementasi kegiatan pengajian kitab Taisīr Al-Khalāq di Ma’had Al-Jami’ah dan Pesantren An-Nidhom 3) Dampak kegiatan pengajian kitab Taisīr Al-Khalāq terhadap perubahan perilaku Islami Mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah dan Pesantren An-Nidhom Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya Mudir Ma’had AlJami’ah, Pengajar Kitab Taisīr Al-Khalāq, Pengasuh Pesantren An-Nidhom, Pengajar Kitab Taisīr AlKhalāq, empat Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah, tiga Mahasiswa Pesantren An-Nidhom. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, veripikasi data. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi Pengajian Kitab Taisīr Al-Khalāq di Ma’had Al-Jami’ah dilaksanakan pada hari Senin malam Selasa dan Rabu malam Kamis dalam satu semester, menggunakan metode ceramah, bandongan, tanya jawab, diskusi, dan CTL. Sementara di Pesantren An-Nidhom dilaksanakan pada Senin subuh, menggunakan metode ceramah, lughah (bahasa), terjemah, musyawarah atau diskusi, sorogan dan bandongan. Penutupan pengajian: membaca do’a kafaratul majlis dan hamdallah. Namun, keduanya sama-sama menggunakan Kitab Taisīr Al-Khalāq, fokus akhlak mulia seperti kejujuran, tawadhu, hak-hak orang tua, dan kebersihan. Kegiatannya diawali dengan pembukaan, mengisi materi pengajian, dan diakhiri dengan penutupan, pengajian dimulai dengan pembacaan Al-Fatihah, do’a belajar, dan ditutup dengan hamdalah serta do’a kafartul majlis. (2) Faktor pendukung keberhasilan pengajian kitab Taisīr Al-Khalāq di Ma’had Al-Jami’ah ialah ketrampilan dan dedikasi ustadz, metode pembelajaran yang efektif, lingkungan belajar yang mendukung, kekompakkan mahasiswa dan tata tertib. Sementara di Pesantren An-Nidhom ialah komitmen pengajar, metode pengajaran tradisional, jadwal pengajian yang konsisten, dukungan lingkungan pesantren, kurikulum, dan fasilitas pesantren. Faktor penghambat keberhasilan pengajian kitab Taisīr Al-Khalāq di Ma’had Al-Jami’ah ialah belum memadainya sebagian sarana dan prasarana, santri tidak memperhatikan pengajian, keterbatasan metode pengajaran, keterbatasan waktu dan sumber daya. Sementara di Pesantren An-Nidhom ialah keterbatasan waktu, motivasi belajar santri yang rendah, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, rasa malas mengikuti pengajian, rasa kantuk mengikuti pengajian, (3) Implementasi pengajian kitab Taisīr Al-Khalāq di Ma’had Al-Jami’ah berdampak pada perubahan positif dalam disiplin belajar dan menjaga kesehatan, peningkatan toleransi, empati, kerjasama antar Mahasiswa. Sementara di Pesantren An-Nidhom, peningkatan kesadaran beribadah, penghayatan ajaran Islam, perbaikan interaksi sosial dan solidaritas antar santri. Kata Kunci: Implementasi, Pengajian Kitab Taisīr Al-Khalāq, Perilaku Islami
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajian Kitab Taisīr Al-Khalā ; Perilaku Islami |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 07:02 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 07:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14707 |
Actions (login required)
View Item |