Juniari Tri Trisno, (2024) Manajemen StrategiKepla Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Se Wilayah Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
Abstract
Mengingatkan besar tanggung jawab dan peran seorang guru sebagai tenaga pelaksana pembelajaran disekolah, maka seorang guru harus memiliki kemampuan profesional. Kekurangan dan kelemahan yang terdapat pada guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar maka di perlukan kepemimpinan kepala sekolah yang baik untuk membimbing dan mengarahkan para guru sebagaimana mestinya, dan pembinaan profesionalisme guru secara terus menerus mutlak diperlukan. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan perencanaan Kepala Sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru, untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan menganalisis evaluasi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan memaparkan dan menggambarkan tentang sesuatu kondisi dilapangan secara objektif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik uji keabsahan data triangulasi. Hasil dari penelitian ini yang diperoleh yaitu dalam perencanaan ini kepala sekolah memastikan bahwa perencanaan pengembangan profesionalisme itu berguna bagi guru sehingga meningkatkan kualitas sekolah. Perencanaan profesionalisme melibatkan berbagai aspek, seperti analisis kebutuhan, identifikasi tujuan, pengembangan kurikulum, penggunaan sumber daya, dan evaluasi hasil. Dalam proeses pelaksaanaan pembinaan kepalah sekolah menerapkan setrategi yang yang konprehensip dan memiliki langkah-langkah dalam pengembangan profesinalisme guru strategi yaitu pengembangan kompetensi, penilaian profesionalisme kinerja, melakuakan evaluasi, menerapkan sistem kinerja berbasis teknologi. Evaluasi yang dilakuakan Kepala Madrasah Aliyah kecamatan krangkeng hasil evaluasi kinerja guru mengalami meningkatkan seperti mengalami pengembangan diri, kepemimpinan, kedisiplinan komitmen terhadap profesinya serta mengalami peningkatan dalam kompetensi dasar guru dan kompetensi profesionalnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |