GIPTY ANINDITA, (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MENGGUNAKAN 3D PAGE FLIP PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.
![]() |
Text
1808105068_1_cover.pdf Download (791kB) |
![]() |
Text
1808105068_2_bab1.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
1808105068_6_bab5.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
1808105068_7_dafpus.pdf Download (152kB) |
Abstract
Media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan sesuai dapat menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, seperti melalui pemanfaatan media pembelajaran yang efektif. Salah satu media yang mampu menciptakan suasana belajar aktif dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran matematika adalah penggunaan e-modul 3D Page Flip Profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-modul 3D Page Flip Profesional dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan design quasi eksperimental design dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PUI Gegesik tahun ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan mencakup tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan e modul 3D Page Flip Profesional melalui beberapa proses persiapan sebelum diterapkan dalam pembelajaran, termasuk validasi materi dan media oleh para ahli, menunjukkan efektivitas terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil persentase respons siswa yang mencapai 77,8% dengan kategori baik. Kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan nilai thitung > ttabel atau 10,575 > 2,045, sehingga H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan e-modul 3D Page Flip Profesional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest di kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 41,2 dan posttest sebesar 70,2. Selain itu, hasil uji ketuntasan menunjukkan bahwa kelas eksperimen mencapai Zhitung > Ztabel atau 0,786 > 0,264, menandakan bahwa siswa pada kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal, dengan 69,23% siswa mencapai KKM. Pada uji paired test, nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 mengindikasikan hipotesis diterima. Rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 55,11%, termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul 3D Page Flip Profesional efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:59 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |