PENGEMBANGAN SELF AND PEER ASSESMENT BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

NURUL HASANAH, (2024) PENGEMBANGAN SELF AND PEER ASSESMENT BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.

[img] Text
1808105111_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808105111_2_bab1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
1808105111_6_bab5.pdf

Download (94kB)
[img] Text
1808105111_7_dafpus.pdf

Download (99kB)

Abstract

Pada penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui proses validasi dan efektivitas self and peer assesment berbasis model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Sammel dan Sammel (1974). Subjek pada penelitian berjumlah 19 siswa pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan untuk kelas kontrolnya berjumlah 22 siswa pada kelas IX B. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar, angket self and peer assessment, dan angket respon siswa dan terdapat perangkat pembelajaran seperti RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Hasil validasi instrumen penelitian dan produk pengembangan dari penilaian beberapa validator diantaranya untuk validitas RPP 4,5 dan validitas LKPD 4,7 dinyatakan produk tersebut memiliki validitas yang tinggi. Hasil perolehan nilai rata-rata uji N-gain pada angket motivasi belajar matematika siswa adalah 0,70 dengan kategori sedang dan persentase nya 70,37% dinyatakan cukup efektif. Rata-rata uji N-gain pada self assesment adalah 0,53 dengan kategori sedang dan persentase nya 53,55% dinyatakan kurang efektif. Rerata uji N-gain peer assesment adalah 0,57 kategori sedang dengan persentase 57,66% dinyatakan cukup efektif. Rata-rata angket respon siswa memiliki rata-rata persentase 68,3% dengan kategori tinggi. Hasil dari uji paired sample t-test pada self and peer assesment didapatkan hasil nilai sig. 0,000 dan 0,000. Disimpulkan bahwa pengembangan self and peer assesment berbasis model pembelajaran problem based learning dapat memenuhi kriteria produk diantaranya nilai kevalidan dan keefektivan dalam belajar matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:13
Last Modified: 25 Mar 2025 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item