DEWI FATIMATUZ ZAHRO, (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE CLASSPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK PONDOK PESANTREN ABU MANSHUR. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.
![]() |
Text
2008105025_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008105025_2_bab1.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
2008105025_6_bab5.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
2008105025_7_dafpus.pdf Download (408kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMK Pondok Pesantren Abu Manshur, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) Classpoint dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Media ini dirancang untuk mendukung pembelajaran interaktif, menarik, dan personalisasi dengan mengintegrasikan teknologi AI. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre experimental one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMK Pondok Pesantren Abu Manshur, dengan satu kelas sebagai sampel yang terdiri atas 24 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan angket kepuasan siswa. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena hasil uji normalitas menunjukkan data pretest berdistribusi normal (p = 0,074) dan data posttest tidak normal (p = 0,009). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media AI Classpoint. Nilai rata-rata pretest adalah 47,54, sementara nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 84,13. Analisis N-gain menunjukkan peningkatan berada pada kategori tinggi, yang mengindikasikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 75% siswa merasa sangat puas dan 25% merasa puas terhadap media ini, khususnya pada aspek efektivitas, kemudahan penggunaan, daya tarik tampilan, dan dukungan terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi, khususnya dalam penggunaan media AI untuk mata pelajaran matematika. Keterbatasan penelitian ini meliputi lingkup sampel yang terbatas pada satu kelas, kebutuhan infrastruktur teknologi, serta biaya premium fitur AI Classpoint yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp450.000. Penelitian lanjutan disarankan untuk menerapkan media ini pada populasi yang lebih besar dan pada mata pelajaran lain untuk menguatkan generalisasi temuan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:21 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |