DARMIN, (2024) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMODELAN MATEMATIKA PADA MATERI TURUNAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI). Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.
![]() |
Text
2008105050_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008105050_2_bab1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
2008105050_6_bab5.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
2008105050_7_dafpus.pdf Download (225kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang perlu diperhatikan ketika mempelajari matematika adalah banyaknya kesalahan yang dilakukan peserta didik ketika mencoba memecahkan masalah matematika. Kesalahan yang umum dilakukan peserta didik ketika menjelaskan soal matematika di kelas antara lain kesalahan dalam memahami konsep topik, kesalahan menggunakan rumus,kesalahan berhitung, kesalahan memahami simbol dan tanda, kesalahan menggunakan prosedur penyelesaian. Kesalahan yang dilakukan peserta didik pada umumnya sebagai akibat dari ketidakmampuannya menangkap ide, konsep, dan maksud pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika pada materi turuna manggunakan certainty of response index (CRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang dijadikan subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA-2 sebanyak 35 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi turunan. Penelitian ini mengungkapkan tingkat pemahaman peserta didik tentang materi turunan masih kurang,hal ini bisa saja dipengaruhi dari beberapa faktor. Data menunjukan hanya 19 jawaban benar (11%) dari total keseluruhan jawaban 175 jawaban (100%). Adapun tingkat kepercayaan sebanyak 114 jawaban menduga duga (65%) dari total keseluruhan 175 jawaban (100%). Pemodelan matematika pada meteri turunan dari soal cerita bedasarkan langkah-langkah dan indikator Polya ditemukan bahwa peserta didik masih kesulitan dalam memodelkannya. Dari 175 jawaban (100%) hanya terdapat 13 jawaban benar sesuai langkah Polya (7%) dan sebanyak 162 jawaban tidak sesuai langkah Polya (93%). Hal tersebut menunjukan kesulitan memodelkan masalah dunia nyata kedalam bentuk matematika. Sebanyak 139 jawaban melakukan kesalaahan keterampilan proses (86%) dari total keseluruhan 175 jawaban (100%).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:32 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |