ABDUL ROJAK, (2024) DESAIN DIDAKTIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS BERBASIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.
![]() |
Text
2008105085_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008105085_2_bab1.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
2008105085_6_bab5.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
2008105085_7_dafpus.pdf Download (425kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacles yang terjadi terkait dengan masalah koneksi matematis siswa pada materi fungsi kuadrat dan meminimalisir learning obstacles yang terindikasi dengan mengembangkan desain didaktis realistics mathematics education pada materi fungsi kuadrat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif didacdical design reseach (DDR). Teknik pengumpulan data berupa: tes diagnostik, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gegesik pada tahun ajaran 2023/2024 dengan partisipan kelas XI-D dan kelas X-GV. Desain didaktis dikembangkan melalui tiga tahapan yaitu tahapan analisis prospektif, analisis metapedadidaktik dan analisis restropektif. Hasil indikasi learning obstacles yang dilakukan peneliti menemukan masih adanya hambatan yang dialami siswa dalam mempelajari materi fungsi kuadrat berkaitan dengan kemampuan koneksi matematis siswa. Desain didaktis yang didasarkan atas perolehan hasil indikasi learning obstacles, repersonalisasi dan rekontekstualisasi berupa hasil wawancara dan analisis buku paket. Implementasi desain didaktis dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Pertemuan pertama membahas terkait materi karakteristik fungsi kuadrat dan pertemuan kedua membahas terkait materi mengkonstruksi fungsi kuadrat dan menyelesaikan masalah fungsi kuadrat. Hasil perbandingan tes indikasi learning obstecles awal dan akhir menunjukan terdapatnya penurunan yang signifikan. Hasil desain didaktis revisi tidak jauh berbeda dengan desain didaktis awal hanya terdapat sedikit penyesuaian pada prediksi potensi hambatan, perkiraan waktu, lembar kerja peserta didik dan prediksi respon yang belum terprediksi sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:36 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |