Eva, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI MI HIDAYATUS SHIBYAN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107069_6_bab5.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
2008107069_2_bab1.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
2008107069_1_cover.pdf Download (728kB) |
![]() |
Text
2008107069_7_dafpus.pdf Download (227kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pra-penelitian di MI Hidayatus Shibyan Talun, ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan saat ini terdiri dari gambar dan buku paket tambahan. Namun, evaluasi menunj ukkan bahwa media gambar yang digunakan memiliki desain yang sederhana dan kurang menarik karena hanya berupa gambar 2 dimensi. Selain itu, materi yang disampaikan kurang jelas dan terperinci karena hanya menggunakan gambar, serta penggunaan bahasa yang kurang lugas dan komunikatif. Dari temuan tersebut, penulis merumuskan masalah penelitian, yaitu "Bagaimana pengembangan, kelayakan, dan efektivitas media Pop-Up Book terhadap kemampuan menulis peserta didik?". Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Pop- Up Book serta mengevaluasi kelayakan dan efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan menulis pada tahap awal. Penelitian ini mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif presentase dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book untuk meningkakan keterampilan menulis permulaan yang terdiri dari aspek pengembangan, yaitu desain, materi dan bahasa. Dari segi desain yaitu : tampilan dalam buku, warna serta kelayakan menu. Dari segi materi : lebih jelas, akurat dan terperinci sesuai materi pembelajaran kurikulum. Dari segi bahasa : jelas, lugas, mudah dipahami dan sesuai dengan KBBI. Kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book dari hasil penelitian yaitu “ sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan menulis permulaan kelas I MI Hidayatus Shibyan. Hal ini dapat dilihat dari presentase validasi ahli media sebesar 92.73%, ahli materi dengan persentase 98.00%, dan ahli bahasa dengan persentase 98.00%, selanjutnya Pop- Up Book yang didapat dari hasil lembar tes keterampilan menulis permulaan menunjukkan bahwa media tersebut dianggap "cukup efektif" dengan persentase sebesar 68.7%. Dari temuan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berupa Pop-Up Book dapat efektif meningkatkan kemampuan menulis pada tahap awal dengan memperhatikan tiga aspek pengembangan: desain, materi, dan bahasa. Evaluasi kelayakan media Pop-Up Book dilakukan melalui validasi oleh tim ahli dalam bidang media, materi, dan bahasa, yang menunjukkan bahwa media tersebut sangat layak. Selain itu, hasil uji coba tes menulis pada tahap awal juga menunjukkan efektivitasnya dalam pembelajaran menulis kelas I di MI Hidayatus Shibyan Talun.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 01:58 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 01:58 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |