IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI HIDAYATUS SHIBYAN

QURROTA AINUN, (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI HIDAYATUS SHIBYAN. Bachelor thesis, S1- Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107090_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107090_2_bab1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2008107090_6_bab5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
2008107090_7_dafpus.pdf

Download (311kB)

Abstract

Sebanyak sepuluh orang guru di sekolah belum memahami strategi pembelajaran pada kurikulum merdeka, perubahan pola pengajaran, tingkat pemahaman siswa, terbatasnya fasilitas sekolah seperti infocus, laboratorium komputer, dan tempat ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar di MI Hidayatus shibyan, kualitas belajar akidah akhlak di kelas iv juga tantangan dan dukungan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Menurut Meilina proses dan hasil menentukan kualitas pembelajaran apabila semua siswa terlibat secara aktif serta menunjukkan antusiasme, semangat dan kepercayaan yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dngan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi, dan menganalisis data dengan tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa kurikulum merdeka sudah di implementasikan di MI Hidayatus shibyan dan berjalan dengan baik, hal ini terlihat dengan penerapan pembelajaran beriferensiasi, pembelajaran berpusaat pada siswa, dan penggunaan teknologi. Kualitas belajar siswa kelas iv meningkat pada mata pelajaraan akidah akhlak, terlihat dari penggunaan metode pembelajaran, keterlibatan siswa, pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak, dan evaluasi pebelajaran. Tantangan dan dukungan juga didapatkan saat mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar seperti kurangnya pemahaman guru, perubahan pola pengajaran, sarana prasarana, tingkat pemahamn siswa. Selain tantangan, dukungan yang di dapat oleh guru adalah pelatihan dan pendampingan, fasilitas teknologi sekolah, sarana prasarana, dan dukungan orang tua siswa. Berdasarkan pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa, implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas IV MI Hidayatus Shibyan telah menerapkan kurikulum merdeka dan sudah dilaksanakan di semua kelas dan berjalan dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 10 Apr 2025 03:43
Last Modified: 10 Apr 2025 03:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15248

Actions (login required)

View Item View Item