Komodifikasi Agama Di Media Sosial: Pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Dan Surah Pilihan Sebagai Amalan Pada Akun Instagram @mbak_nurofficial

Fatimatuzzahro Sayyidatun, (2025) Komodifikasi Agama Di Media Sosial: Pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Dan Surah Pilihan Sebagai Amalan Pada Akun Instagram @mbak_nurofficial. Bachelor thesis, SI-Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

[img] Text
2108304026_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108304026_2_bab1.pdf

Download (653kB)
[img] Text
2108304026_6_bab5.pdf

Download (365kB)
[img] Text
2108304026_7_dafpus.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena komodifikasi agama di media sosial, khususnya pada akun Instagram @mbak_nurofficial yang menyajikan pembacaan ayat-ayat Al-Qur‟an dan Surah pilihan sebagai amalan. Akun @mbak_nurofficial menawarkan solusi spiritual melalui amalan zikir malam yang dikombinasikan dengan penjualan tasbih sebagai produk komersial, sehingga menimbulkan indikasi praktik komodifikasi agama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologi agama Max Weber untuk memahami pemaknaan subjektif tindakan sosial dalam konten amalan, serta teori komodifikasi agama untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai religius diubah menjadi komoditas yang diperjualbelikan. Data primer diperoleh dari observasi konten dan interaksi di akun Instagram tersebut, sedangkan data sekunder berasal dari literatur terkait komodifikasi agama, media sosial, dan teori tindakan sosial. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pemaknaan ayat dan Surah pilihan dalam akun Intagram @mbak_nurofficial memiliki jenis tindakan sosialnya masing-masing berdasarkan pemaknaanya. Ayat-ayat Al-Qur‟an yang digunakan sebagai amalan adalah Surah Al-Fatihah, Surah Al-Mulk, Surah Al-Waqi‟ah, Surah Yasin, Surah Al-Insyirah, Surah Al-Baqarah ayat 285-286, sutrat Ath-Thalaq ayat 2-3, dan Surah Al- Kafirun. Akun ini melakukan praktik komodifikasi agama dengan menjual produk tasbih yang diklaim berenergi spiritual. Tasbih yang dijual ada lima jenis tasbih. Namun, penggunaan tasbih yang menggunakan ayat-ayat Al-Qur‟an dalam praktiknya hanya tiga tasbih di antaranya tasbih al- Mughni, ar-Ruqyah, dan Nur Aghnia. Komodifikasi yang terjadi pada akun tersebut termasuk ke dalam jenis komodifikasi nilai dengan mengkomodifikasikan ayat-ayat Al-Qur‟an pada penggunaan tasbih dan media sosial Instagram sebagai media komodifikasinya

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi Agama, Ayat-Ayat Al-Qur‟an, Tindakan Sosial Max Weber, Amalan Zikir, dan Tasbih
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Jul 2025 12:12
Last Modified: 14 Jul 2025 12:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15295

Actions (login required)

View Item View Item