Analisis perilaku nasabah dalam memilih produk Deposito mudharabah pada bank syariah indonesia kcp Subang otista 2

Dhikta Agastiana, (2025) Analisis perilaku nasabah dalam memilih produk Deposito mudharabah pada bank syariah indonesia kcp Subang otista 2. Bachelor thesis, S1 - Perbankan Syariah UINSSC.

[img] Text
2108203127_1_cover.pdf

Download (784kB)
[img] Text
2108203127_2_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
2108203127_6_bab5.pdf

Download (245kB)
[img] Text
2108203127_7_dafpus.pdf

Download (305kB)
Official URL: https://uinssc.ac.id/

Abstract

Deposito mudharabah sebagai salah satu produk investasi syariah yang disediakan oleh Bank Syariah Indonesia, yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan keuangan syariah di Indonesia. Akan tetapi, di Bank BSI KCP Subang Otista 2, jumlah nasabah yang memilih produk ini masih sedikit. Keadaan ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah, seperti lokasi dan aksesibilitas, serta pengalaman dan loyalitas, yang perlu dipahami lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam memilih deposito mudharabah di Bank BSI KCP Subang Otista 2, dengan harapan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai preferensi nasabah terhadap produk innvestasi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada para nasabah yang telah memiliki pengalaman berinteraksi dengan produk deposito mudharabah. Analisis data yang digunakan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mencakup langkah – langkah seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku dan pertimbangan nasabah dalam memilih produk deposito mudharabah di Bank Syariah Indonesia KCP Subang Otista 2 dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi pengalaman sebelumnya dalam menggunakan layanan perbankan syariah dan loyalitas terhadap pelayanan bank. Sementara itu, faktor eksternal mencakup lokasi bank yang strategis dan aksesibilitas yang mudah dijangkau. Keempat faktor ini saling berinteraksi dan membentuk keputusan nasabah, di mana pengalaman positif dan kepercayaan terhadap bank memperkuat loyalitas, sedangkan lokasi dan akses yang mudah mendorong kenyamanan dan efisiensi dalam transaksi. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku nasabah dalam mengambil keputusan merupakan hasil dari kombinasi berbagai pertimbangan individu dan lingkungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Deposito Mudharabah, Keputusan Nasabah, Perilaku Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:27
Last Modified: 28 Jul 2025 04:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item