Abdul Aziz Gusman, (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR DENGAN TEKNIK GOALS SETTING DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NADWAH. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2008306111_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2008306111_2_bab1.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
2008306111_6_bab5.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
2008306111_7_dafpus.pdf Download (184kB) |
Abstract
Santri diharapkan memiliki suatu kemampuan dan aktivitas untuk mengarahkan atau mengontrol proses tersebut. Kemampuan tersebut sering disebut dengan regulasi diri self regulation learning. Hal yang perlu digarisbawahi dari pembelajaran regulasi diri adalah pentingnya otonomi dan tanggung jawab pribadi dalam kegiatan belajar. Regulasi belajar adalah kemampuan santri dalam mengatur waktu belajar mereka sendiri, mencari informasi tentang pengetahuan dan materi pembelajaran dari berbagai sumber, seperti memanfaatkan teknologi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat self regulated learning yang dimiliki oleh santri pondok pesantren An-Nadwah Buntet, mendeskripsikan dan menganalisis tingkat keefektifan pelaksanaan konseling kelompok behavioral dengan teknik goal setting untuk meningkatkan self�regulated learning pada santri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental kuantitatif dengan metode one grup pretest-posttest . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuesioner, dan observasi. Santri aktif di pondok pesantren An-Nadwah Buntet adalah subjek penelitian, dan populasinya terdiri dari santri kelas Ibtidaiyyah yang mempelajari kitab Al-Ajurumiyyah. Validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, N-Gain, dan uji t adalah metode analisis data yang digunakan. Fase-fase konseling kelompok behavior adalah temuan penelitian. Tahap awal, transisi, inti, dan akhir merupakan tahapankonseling kelompok behavior. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000, hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa konseling kelompok behavior yang dipadukan dengan teknik goal-setting dapat meningkatkan self-regulated learning santri di pondok pesantren An-Nadwah Buntet Cirebon. Dengan menggunakan program SPSS , uji N-Gain menghasilkan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,315 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok behavior merupakan cara yang berhasil untuk meningkatkan skor self-regulated learning santri Pondok Pesantren An�Nadwah Buntet Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |