DELIMA AZHARI, (2025) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN DIRI DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306021_1_cover.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
2108306021_2_bab1.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
2108306021_6_bab5.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
2108306021_7_dafpus.pdf Download (232kB) |
Abstract
Maraknya penggunaan media sosial banyak diminati oleh kalangan zilenial terkhusus bagi para peserta didik di sekolah. Hal tersebut menjadi sorotan bagi perkembangan ilmu dan teknologi. Berkaitan dengan penggunaan media sosial bagi peserta didik diperlukan pengendalian diri yang kuat dalam pengaksesan yang bersifat luas. Untuk mengatasi minimnya pengendalian diri pada penggunaan media sosial bagi peserta didik dibutuhkan peran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran pengendalian diri dalam penggunaan media sosial pada peserta didik di SMK Negeri 2 Kota Cirebon; 2) untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling pada peserta didik dalam penggunaan media sosial di SMKN 2 Kota Cirebon; 3) untuk mendeskripsikan layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru bimbingan di sekolah berkaitan dengan pengendalian diri dalam penggunaan media sosial pada peserta didik di SMKN 2 Kota Cirebon; 4) untuk menganalisis hasil perkembangan pada pengendalian diri peserta didik dalam penggunaan media sosial di SMK Negeri 2 Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan terkait analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengambilan data responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memperhatikan kriteria yang diajukan dan dipilih oleh guru bimbingan dan konseling. Sehingga didapatkan lima dari peserta didik untuk diwawancarai. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat peserta didik yang minim dalam pengendalian dirinya pada penggunaan media sosial. Hal tersebut ditinjau dari aspek pengendalian diri, yakni secara kognitif, perilaku dan pengambilan keputusan. Berkaitan dengan hal tersebut tentunya guru bimbingan dan konseling memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkaitan dengan pengendalian diri dalam penggunaan media sosial. Salah satu layanan yang diberikan adalah melalui bimbingan klasikal sebagai bentuk pencegahan dan pemahaman kepada peserta didik. Jika ditemukan suatu permasalahan yang berlanjut akan diberikan layanan teknik CBT dan teknik self management. Berdasarkan data yang telah didapatkan melalui wawancara terdapat perkembangan dan perubahan peserta didik secara perlahan setelah diberikannya layanan, yakni peserta didik mulai sadar betapa pentingnya pengendalian diri dalam menggunakan media sosial. Kata Kunci : Peran guru bimbingan dan konseling ; Pengendalian diri ; Med
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |