Neng Silva, (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AGAMA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306039_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108306039_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108306039_6_bab5.pdf Download (875kB) |
![]() |
Text
2108306039_7_dafpus.pdf Download (950kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat mahasiswa perguruan tinggi yang masih belum lancar membaca Al-Qur’an. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia tahun 2019, dilakukan dengan 14 UIN yang menjadi locus penelitian, setiap UIN mengirim 50 reponden, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mahasiswa yang tidak dapat menulis Al-Qur’an sebanyak 0,6 persen dan yang sama sekali tidak dapat membaca Al-Qur’an berkisar 0,4 persen, Kementrian Agama harus melakukan standarisasi pendidikan Al-Qur’an di semua jenjang pendidikan agar persoalan dapat terpecahkan, ada tiga model pembinaan dan peningkatan BTQ mahasiswa UIN yang dihasilkan dari hasil penelitian Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an yakni optimalisasi Ma'had Jamiah, kolaborasi dengan lembaga lain dan swakelola dengan mengambil tenaga pengajar dari dosen yang tersertifikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran Agama yang diterapkan di Ma’had Al-Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Untuk mengidentifikasi bentuk perubahan perilaku keagamaan Mahasantri di Ma’had Al�Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Untuk menjelaskan implementasi metode pembelajaran Agama terhadap perubahan perilaku keagamaan Mahasantri di Ma’had Al- Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Jenis penelitiannya deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan wawancara , observasi dan dokumentasi yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan model analisis data Miles dan Huberman yang memiliki tiga komponen yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data di bagi menjadi dua, sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan Metode yang di terapkan pada pembelajaran Agama di Ma’had Al- Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon yaitu menggunakan metode Ceramah, wetonan/bandongan, sorogan, hafalan(Tahfidz), metode diskusi, metode keteladanan dan metode pembiasaan. Macam-macam perilaku keagamaan dapat dikategorikan menjadi perilaku terhadap Allah dan Rasul-Nya, perilaku terhadap diri sendiri, perilaku terhadap keluarga, perilaku terhadap tetangga dan perilaku terhadap masyarakat. Seperti sholat, berdzikir, bersholawat, puasa, membaca Al-Qur’an, bersedekah, berbakti kepada orang tua, tolong menolong dan lain-lain. Implementasi Metode Pembelajaran Agama Terhadap Perubahan Perilaku Keagamaan Mahasantri di Ma’had Al- Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon sebagai proses dalam perubahan perilaku keagamaan mahasantri menjadi lebih baik dan dapat menerapkan nilai-nilai positif dalam kehidupan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |