EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA BLOK AMPERA DESA CILEDUG TENGAH KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

RAHMATUNNISA, (2025) EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA BLOK AMPERA DESA CILEDUG TENGAH KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
1908306071_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908306071_2_bab1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
1908306071_6_bab5.pdf

Download (211kB)
[img] Text
1908306071_7_dafpus.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, remaja kerap merasa bosan saat megikuti pelajaran sehingga remaja kurang termotivasi dalam belajar. Berdasarkan pengamatan, faktor penyebabnya meliputi seringnya membuang waktu untuk bermaian game online hingga larut malam, ketidaksukaan remaja terhadap cara mengajar guru tertentu, metode pembelajaran tradisional yang kurang menarik, guru yang terlalu cepat menjelaskan materi membuat sulit memahami materi yang disampaikan. Kondisi ini menyebabkan remaja menjadi pasif dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengajar menerapkan metode Hypnoteaching sebagai salah satu solusi alternatif. Studi ini secara khusus bertujuan mengetahui efektivitas metode Hypnoteaching dalam meningkatkan motivasi belajar remaja Blok Ampera Desa Ciledug Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil Independent Sample t-test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa intervensi metode Hypnoteaching efektif meningkatkan motivasi belajar remaja, terlebih ketika melihat nilai N-Gain kelas eksperimen dengan rata-rata (Mean) 76,49 dengan kategori tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata (Mean) 46,05 dengan karegorisasi rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Hypnoteaching dalam penelitian ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar remaja Blok Ampera Desa Ciledug Tengah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 30 Jul 2025 04:12
Last Modified: 30 Jul 2025 04:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16165

Actions (login required)

View Item View Item