Zulia Faridhotul Ilmi, (2025) DAMPAK TONTONAN YOUTUBE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA AL-HAADII KECAMATAN PABUARAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306006_1_cover.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text
2108306006_2_bab1.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
2108306006_6_bab5.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
2108306006_7_dafpus.pdf Download (237kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi digital menjadikan youtube sebagai salah satu platform media sosial yang banyak diakses, tidak hanya oleh orang dewasa, tetapi juga anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas menonton youtube oleh anak usia dini, perkembangan sosial emosional mereka, serta dampak dari tontonan youtube terhadap aspek tersebut. Penelitian dilakukan di RA Al-Haadii, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari empat anak usia lima tahun, empat orang tua, dan satu guru pengajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam, dengan pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber, melalui proses reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi anak menonton youtube bervariasi, seperti kurang dari satu jam hingga lebih dari satu jam per hari. Anak-anak juga memiliki preferensi tontonan yang beragam, dan terdapat anak yang melakukan aktivitas menonton youtube dengan cara yang kurang sesuai. Perkembangan sosial emosional anak dilihat dari beberapa aspek, seperti: 1) Kemampuan berinteraksi dengan orang lain, 2) Kesadaran diri dan identitas, 3) Kontrol emosi, 4) Pengembangan empati, 5) Kemandirian dan inisiatif, 6) Pembentukan nilai dan sikap moral, serta 7) Peran sosial dalam kelompok. Terdapat dampak positif dari tontonan youtube terhadap perkembangan sosial emosional anak, yaitu: 1) Meningkatkan empati dan kecerdasan emosional, 2) Mengembangkan keterampilan sosial, 3) Meningkatkan kepercayaan diri, 4) Mengenalkan nilai-nilai positif, 5) Meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Sedangkan dampak negatif dari tontonan youtube terhadap perkembangan sosial emosional anak, yaitu: 1) Kurangnya interaksi sosial, 2) Meniru perilaku negatif, serta 3) Kurangnya regulasi emosi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |