Mu’niatus Suhaylah, (2025) EFEKTIVITAS KONSELING DENGAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN HARDINESS SISWA KELAS UNGGULAN MTsN 4 INDRAMAYU. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306131_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108306131_2_bab1.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
2108306131_6_bab5.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
2108306131_7_dafpus.pdf Download (267kB) |
Abstract
Rendahnya ketangguhan akademik yang dimiliki oleh siswa akan menimbulkan, perasaan pesimis, mudah menyerah, kehilangan motivasi dan mudah terkena stress akademik yang mengganggu proses pembelajaranya, hardiness atau ketangguhan merupakan salah satu faktor yang penting dalam ketahanan siswa untuk menghadapi tekanan akademik dan tuntutan tingi di kelas unggulan, adapun permasalahan dalam penelitian ini, adanya siswa kelas unggulan yang memiliki hardiness akademik yang rendah, salah satu faktornya adalah motivasi dalam diri yang rendah. Teknik Motivational Interviewing di pilih sebab teknik ini berfokus pada penggalian motivasi internal dan penguatan komitmen terhadap perubahan positif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui profil hardiness siswa kelas unggulan MTs Negeri 4 Indramayu. (2) untuk mengetahui Bagaimana rancangan konseling dengan teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan hardiness siswa kelas unggulan MTs Negeri 4 Indramayu (3) Untuk mengetahui Seberapa besar efektivitas konseling dengan teknik motivational interviewing untuk meningkatkan hardiness siswa kelas unggulan MTs Negeri 4 Indramayu Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII unggulan berjumlah 112 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling dari populasi yang ada sampel yang digunakan berjumlah 22 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaknik 11 siswa dalam kelas ekperimen dan 11 peserta didik dalam kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, observasi, dan dokumentasi, analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji parametric statistic yakni uji independen paired sampel t test yang dihitung dengan bantuan program SPSS for windows versi 25. Untuk menegtahui besaran presentase efektivitas konseling kelompok dengan teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan hardiness dengan menggunakan analisis N-Gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukan (1) pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan hardiness kelas unggulan MtsN 4 Indramayu berjalan dengan baik namun belum maksimal. (2) hardiness yang dimiliki oleh siswa MTsN 4 Indramayu sebagian besar berada pada kategori sedang. (3) hasil analisis independen paired sampe t test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukan 0,001 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,005). Sehingga Ha diterima dan HO ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil tingkat hardiness antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan presentase efektivitas sebesar 71,07 yang termasuk pada kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan hardiness kelas unggulan MtsN 4 Indramayu cukup efektif untuk meningkatkan hardiness siswa kelas unggulan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |