DAMPAK LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBN TARUNA MANDIRI KUNINGAN

Shahibah Alya Putri, (2025) DAMPAK LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA DI SLBN TARUNA MANDIRI KUNINGAN. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2108306152_1_cover.pdf

Download (747kB)
[img] Text
2108306152_2_bab1.pdf

Download (691kB)
[img] Text
2108306152_6_bab5.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2108306152_7_dafpus.pdf

Download (289kB)

Abstract

Siswa tunagrahita merupakan individu yang mengalami hambatan dalam fungsi intelektual dan adaptif, yang berdampak pada proses belajar, termasuk dalam hal kemampuan membaca. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru di SLBN Taruna Mandiri Kuningan, ditemukan bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca, baik dari aspek sensori, perseptual, urutan, makna, hingga pemahaman gagasan. Kesulitan ini menunjukkan perlunya layanan bimbingan belajar yang dirancang secara khusus dan terstruktur untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesulitan siswa tunagrahita dalam meningkatkan kemampuan membaca, (2) mengidentifikasi kebutuhan akan pendekatan layanan bimbingan belajar, dan (3) menganalisis efektivitas layanan tersebut di SLBN Taruna Mandiri Kuningan.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru BK, guru terapis, kepala sekolah, serta dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa tunagrahita ringan tingkat SMP dengan tingkat kemampuan membaca yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa tunagrahita ringan tingkat SMP mengalami tantangan yang berbeda dalam aspek kemampuan membaca. Siswa tunagrahita pada tingkat ringan menunjukkan kemajuan yang lebih signifikan jika diberikan layanan bimbingan belajar. Layanan bimbingan belajar yang diberikan secara individual dan terfokus terbukti membantu siswa dalam mengenali huruf, merangkai kata, memahami makna, hingga mengaitkan bacaan dengan gagasan sederhana. Guru BK dan Guru tarapis menyatakan bahwa pendekatan yang sabar, konsisten, dan sesuai kebutuhan anak sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunagrahita.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:49
Last Modified: 31 Jul 2025 06:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item View Item