PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI DAKWAH LEMBAGA DAKWAH MAHASISWA (LDM) SEJATI DI UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON

ERNIA NURJANAH, (2025) PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI DAKWAH LEMBAGA DAKWAH MAHASISWA (LDM) SEJATI DI UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2008302112_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008302112_2_bab1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
2008302112_6_bab5.pdf

Download (292kB)
[img] Text
2008302112_7_dafpus.pdf

Download (271kB)

Abstract

Perubahan minat dan aktivitas mahasiswa di era digital turut mempengaruhi cara dakwah dilakukan. Keterlibatan mereka dalam media sosial, konten digital, dan kesibukan lainnya memerlukan pendekatan yang sesuai untuk menarik perhatian dan keterlibatan mereka dalam dakwah. Dakwah, atau usaha untuk menyampaikan ajaran Islam kepada orang lain, memang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Pemanfaatan media digital, khususnya media sosial (medsos) seperti Instagram (IG) dan Youtube, menjadi salah satu strategi dakwah yang sangat efektif di era digital ini. Melalui media sosial, LDM dapat menjangkau lebih banyak mahasiswa, serta masyarakat umum, dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan efektif. Namun, meskipun media sosial memiliki potensi besar, kenyataannya LDM Sejati masih belum maksimal dalam memanfaatkan platform seperti Instagram dan YouTobe untuk dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dakwah Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) Sejati di UIN Syekh Nurjati Cirebon melalui pemanfaatan media sosial Instagram dan YouTube. Di era digital, media sosial memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dakwah kepada audiens yang lebih luas, khususnya di kalangan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kulitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun tektik pengumpulan data dari penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk mengidentifikasi strategi konten, konsistensi postingan, dan pemanfaatan fitur interaksi pada kedua platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas konten yang menarik, kolaborasi dengan influencer, dan peningkatan keterampilan pengelola media sosial adalah faktor kunci dalam memperluas jangkauan dakwah. Konsistensi posting dan pemanfaatan fitur seperti live streaming serta stories juga meningkatkan interaksi dengan audiens. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan agar LDM Sejati memperbaiki kualitas konten dakwah, meningkatkan kolaborasi dengan influencer, dan melatih pengelola media sosial agar lebih maksimal dalam menggunakan fitur interaktif. Dengan demikian, dakwah yang dilakukan melalui media sosial dapat lebih efektif dalam menyebarkan nilai-nilai agama di kalangan mahasiswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:18
Last Modified: 01 Aug 2025 06:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item