SASKIA NURUL ZAHRA, (2025) PERAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENGUBAH POLA KONSUMSI INFORMASI MAHASISWA RANTAU UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302015_1_cover.pdf Download (964kB) |
![]() |
Text
2108302015_2_bab1.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
2108302015_6_bab5.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
2108302015_7_dafpus.pdf Download (298kB) |
Abstract
Mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon mendapatkan tantangan dalam memperoleh informasi karena minimnya akses terhadap media konvensional sehingga menggunakan media baru yaitu media sosial TikTok untuk mengakses informasi. Berbagai fitur menarik dan faktor seperti jauh keluarga, kebiasaan mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam mengonsumsi informasi dan maraknya berita hoaks menimbulkan perubahan pola konsumsi informasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka pertanyaan penelitian yang diajukan oleh penulis adalah (1) Bagaimana peran media sosial TikTok dalam mengubah pola konsumsi informasi mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon? (2) Bagaimana bentuk perubahan pola konsumsi informasi mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon di media sosial TikTok? (3) Bagaimana pengalaman mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam mengakses informasi di media sosial TikTok?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran TikTok dalam mengubah pola konsumsi informasi mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. (2) Untuk mengetahui bentuk perubahan pola konsumsi informasi mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon di TikTok. (3) Untuk mengetahui pengalaman mahasiswa rantau UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam mengakses informasi di TikTok. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta mengolah data, membaca data, memulai coding, menetapkan tema coding, menghubungkan tema dan memaknai data. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu observasi serta wawancara mendalam dan data sekunder yaitu dokumentasi serta akun TikTok informan. Berdasarkan hasil penelitian ini, (1) peran media sosial TikTok dapat mengubah pola konsumsi informasi mahasiswa rantau (2) bentuk perubahan pola konsumsi informasi utama mahasiswa rantau UIN SSC meliputi meliputi jenis media yang digunakan, frekuensi, durasi dan intensitas, jenis-jenis berita informasi dan motif pemilihan media informasi di TikTok. (3) pengalaman utama mahasiswa rantau UIN SSC dalam mengakses informasi di TikTok meliputi manfaat dan keefektifan mendapatkan informasi serta menyikapi berita hoaks.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:38 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |