PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BERBASIS CANVA MATERI TIPOGRAFI UNTUK MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON

KIKI KURNIAWAN, (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BERBASIS CANVA MATERI TIPOGRAFI UNTUK MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302051_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108302051_2_bab1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
2108302051_6_bab5.pdf

Download (354kB)
[img] Text
2108302051_7_dafpus.pdf

Download (323kB)

Abstract

Di era informasi yang semakin kompleks, komunikasi visual menjadi aspek penting dalam penyampaian pesan, dengan tipografi berperan sebagai elemen kunci yang tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga membentuk persepsi audiens. Namun, banyak mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam masih kurang memahami pentingnya pemilihan dan penataan tipografi yang tepat, sehingga diperlukan media pembelajaran khusus untuk mengembangkan kompetensi dasar desain grafis, khususnya dalam materi tipografi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai : (1) Bagaimana perancangan media pembelajaran desain grafis berbasis canva pada materi tipografi yang efektif untuk mahasiswa KPI? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran desain grafis berbasis canva pada materi tipografi untuk mahasiswa KPI? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design), Development, Implementation dan Evaluation). Teknis pengumpulan data melalui metode wawancara, angket, Focus Group Discussion (FGD) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penlitian ini menunjukan bahwa : (1) Penelitian ini mengahasilkan media pembelajaran berupa ebook desain grafis berbasis Canva tentang tipografi untuk mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). (2) Hasil validasi oleh ahli materi dan media masing-masing memperoleh skor 95 dengan kategori sangat layak. Uji coba melalui Focus Group Discussion (FGD) menunjukkan respon positif terhadap desain tampilan, navigasi, dan kehadiran video pembelajaran, meskipun memerlukan perbaikan pada keterbacaan font dan kualitas audio video. Dengan demikian, media pembelajaran ini dinyatakan layak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:04
Last Modified: 04 Aug 2025 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16477

Actions (login required)

View Item View Item