PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR SISWA TUNADAKSA DALAM MENGGUNAKAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DI KELAS 7 SLB NEGERI MAJALENGKA

Isa Hamdan Hidayat, (2025) PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR SISWA TUNADAKSA DALAM MENGGUNAKAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DI KELAS 7 SLB NEGERI MAJALENGKA. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302057_1_cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2108302057_2_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108302057_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108302057_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara mendalam mengeksplorasi peran penting komunikasi guru, baik dalam bentuk verbal maupun nonverbal, dalam upaya memotivasi dan menumbuhkan minat belajar siswa tunadaksa yang duduk di kelas 7 di SLB Negeri Majalengka. Penelitian ini berangkat dari pemahaman bahwa komunikasi yang efektif adalah fondasi utama dalam proses pendidikan, terutama bagi siswa dengan kebutuhan khusus yang mungkin memiliki cara belajar dan berinteraksi yang unik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan apa yang dilakukan guru dan memahami terkait interaksi komunikasi mereka dengan guru. Pendekatan fenomenologi dipilih karena memungkinkan peneliti untuk fokus pada bagaimana guru mengalami dan memaknai komunikasi siswa dalam konteks pembelajaran di kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan serangkaian metode yang saling melengkapi. Observasi kelas dilakukan secara sistematis untuk merekam dan menganalisis bagaimana guru secara aktual menggunakan komunikasi verbal (seperti penjelasan, instruksi, umpan balik) dan komunikasi nonverbal (seperti ekspresi wajah, bahasa tubuh, kontak mata, intonasi suara) dalam interaksi sehari- hari dengan siswa. Wawancara mendalam dilakukan dengan guru untuk mendapatkan perspektif mereka tentang tujuan, strategi, dan tantangan komunikasi yang mereka hadapi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara cermat dan sistematis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SLB Negeri Majalengka secara umum menyadari pentingnya komunikasi yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami dalam menyampaikan materi pembelajaran. Mereka juga berupaya untuk memperkaya interaksi dengan siswa melalui penggunaan berbagai bentuk komunikasi nonverbal yang mendukung, seperti memberikan ekspresi wajah yang ramah, menjaga kontak mata yang positif, dan menggunakan bahasa tubuh yang mendukung.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:26
Last Modified: 04 Aug 2025 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16482

Actions (login required)

View Item View Item