KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE QIRO’ATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURÁN ZAHROTUL MUBTADI’IN KABUPATEN MAJALENGKA

ABDUL KHOLIQ, (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE QIRO’ATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURÁN ZAHROTUL MUBTADI’IN KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302107_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2108302107_2_bab1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
2108302107_6_bab5.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2108302107_7_dafpus.pdf

Download (353kB)

Abstract

Pembelajaran membaca Al-Qur’an merupakan fondasi penting dalam pendidikan keagamaan murid di TPQ Zahrotul Mubtadiín Kabupaten Majalengka. Namun, proses pembelajaran belum sepenuhnya berjalan secara optimal. Salah satu permasalahan yang muncul adalah belum terbangunnya komunikasi interpersonal yang efektif antara guru dan murid. Kondisi ini berdampak pada kurangnya suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, serta berpengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar dan kemampuan membaca Al-Qur’an murid, khususnya dalam penerapan metode Qiro’ati. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan tersebut, penelitian ini difokuskan pada pertanyaan: Bagaimana proses komunikasi interpersonal, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pada proses komunikasi interpersonal, dan bagaimana hasil proses komunikasi interpersonal antara guru dan murid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di TPQ Zahrotul Mubtadi’in Kabupaten Majalengka Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi interpersonal, faktor pendukung dan penghambatnya, serta hasilnya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di TPQ Zahrotul Mubtadi’in, Kabupaten Majalengka. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder, serta analisis data berdasarkan teori Miles dan Huberman yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian diarahkan pada bentuk interaksi verbal dan nonverbal yang terjadi antara guru dan murid, serta bagaimana interaksi tersebut berpengaruh terhadap aspek kelancaran, fashohah, dan makhraj dalam membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terbuka, suportif, dan empatik mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan efektif. Guru yang humanis dan fleksibel mendorong keberanian murid dalam proses belajar. Kelas yang aktif seperti kelas 1 dan 3 secara komunikasi menunjukkan perkembangan signifikan dibanding kelas2 dan 4 yang cenderung pasif. Kesimpulan menunjukkan bahwa keberhasilan metode Qiro’ati sangat dipengaruhi oleh kualitas hubungan interpersonal antara guru dan murid.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:28
Last Modified: 05 Aug 2025 02:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16528

Actions (login required)

View Item View Item