ANISAH KHOEROH FAUZIAH, (2025) KOMUNIKASI VIRTUAL PENGGEMAR TREASURE SEBAGAI IDENTITAS FANDOM K-POP PADA MEDIA SOSIAL X (Analisis Media Siber pada autobase @treasuremenfess). Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302109_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108302109_2_bab1.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
2108302109_6_bab5.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
2108302109_7_dafpus.pdf Download (366kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi menandai lahirnya komunikasi interaktif yang menciptakan suatu media baru diantaranya yaitu media sosial sebagai ruang baru untuk membangun komunitas dan identitas, dengan munculnya media sosial inilah para pengguna komunitas berkomunikasi secara virtual. salah satunya adalah para penggemar Treasure yang menggunakan autobase yang ada pada media sosial X sebagai tempat dimana mereka berkomunikasi antar sesama penggemar didalam ruang virtual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi virtual penggemar Treasure sebagai identitas fandom K-pop dalam autobase @treasuremenfess, dan menganalisis identitas fandom yang terbentuk pada penggemar Treasure dalam autobase @treasuremenfess menggunakan teori interaksionalisme simbolik. Peneliti menggunakan metode etnografi virtual dengan teknik Analisis Media Siber. Metode ini memberikan kemudahan bagi peneliti untuk menganalisis bagaimana dunia siber berjalan. Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan empat level Analisis Media Siber yaitu ruang media yang terbuka, interaktif, dan mudah diakses, menjadi tempat penggemar Treasure mengekspresikan identitas secara personal maupun komunal. Dokumen media berupa menfess dalam bentuk teks maupun foto yang memperlihatkan ekspresi identitas penggemar melalui ajakan, antusiasme, serta berbagi informasi mengenai Treasure yang mengandung makna personal dan komunal. Objek media dengan menampilkan interaksi melalui fitur suka, retweet, komentar, serta penggunaan simbol-simbol fandom seperti foto profil, username, dan tagar, yang memperkuat komunikasi dan solidaritas antar penggemar interaksi ini juga menampilkan semua komunikasi identitas. Pengalaman penggemar menunjukkan bahwa autobase tidak hanya menjadi ruang untuk memperoleh informasi mengenai Treasure, tetapi juga autobase juga menjadi tempat untuk para penggemar mendapat teman baru yang memiliki hobi serupa. Kemudian identitas fandom yang terbentuk pada penggemar Treasure dalam autobase @treasuremenfess menampilkan simbol dan istilah-istilah khas fandom digunakan secara konsisten untuk membangun makna bersama dan menegaskan identitas fandom penggemar Treasure dalam autobase @treasuremenfess ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:33 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |