Arini Za’imatul Aulia, (2025) Penggunaan Media Papan Tempel Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Kelas 3B SDN Cimohong 01 Brebes. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
1808107079_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1808107079_2_bab1.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
1808107079_6_bab5.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
1808107079_7_dafpus.pdf Download (253kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 3 di SDN Cimohong 01 yang akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan masih berpusat pada guru. Selain itu, rendahnya kemampuan membaca permulaan tersebut juga dikarenakan kurangnya media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam pembelajaran sehingga siswapun menjadi tidak termotivasi untuk mengasah kemampuannya dalam membaca permulaan. Media papan tempel menjadi salah satu alternatif yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan Media papan tempel ini harus dikemas sedemikian rupa agar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa, sehingga diperlukan media papan tempel yang menarik, serta melibatkan peran aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media papan tempel di kelas 3B SDN Cimohong 01, menganalisis keterampilan membaca permulaan siswa dan menganalisis pengaruh media papan tempel terhadap keterampilan membaca permulaan kelas 3B SDN Cimohong 01. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Adapun jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 3B SDN Cimohong 01 yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji normalitas serta uji paired samples t-test menggunakan aplikasi SPSS Versi 30. Berdasarkan hasil uji statistik paired samples t-test, diperoleh nilai signifikansi < 0,001, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media papan tempel terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa. Dengan demikian, penggunaan media papan tempel terbukti efektif secara empiris dalam mendukung perkembangan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 3B, sesuai dengan temuan dari berbagai penelitian sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Papan Tempel, Keterampilan Membaca Permulaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |