Pengembangan Media BookletTerhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Sunda Di Kelas III Mi Salafiyatul Huda 1

Rifa Jamilatus Sa’adah, (2025) Pengembangan Media BookletTerhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Sunda Di Kelas III Mi Salafiyatul Huda 1. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108107015_1_cover.pdf

Download (685kB)
[img] Text
2108107015_2_bab1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
2108107015_6_bab5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2108107015_7_dafpus.pdf

Download (254kB)

Abstract

Permasalahan yang sering muncul ketika pembelajaran Bahasa Sunda di jenjang sekolah dasar dan permasalahan ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu kendala utama ialah kurangnya sumber belajar yang memadai seperti buku pelajaran Bahasa Sunda, serta media pembelajaran. Media pembelajaran yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan siswa sangat dibutuhkan dalam mendukung proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan saat penelitian bahwa saat proses pembelajaran di MI Salafiyatul Huda 1 tentunya memiliki berbagai kendala salah satunya penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Sunda kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk:untuk mengetahui pengembangan media booklet pada pembelajaran Bahasa Sunda, untuk mengetahui tingkat kelayakan media booklet padapembelajaran Bahasa Sunda di Kelas III Mi Salafiyatul Huda, untuk mengetahui respon dan mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa setelah menggunakan media bookletpada pembelajaran Bahasa Sunda di Kelas III Mi Salafiyatul Huda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ResearchandDevelopment (R&D). Adapun desain yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan instrument lembar angket validasi ahli dan angket respon siswa. Total presentase dari hasil validasi ahli media ialah sebesar 91,66% dengan kategori layak dalam kualifkasi sangat valid. Total presentase dari hasil validasi ahli bahasa sebesat 97,5% dengan kategori layak dalam kualifikasi sangat valid. Total presentase dari hasil validasi ahli bahasa sebesat 100% dengan kategori layak dalam kualifikasi sangat valid. Pada uji skala kecil didapatkan hasil sebesar 74,72% dengan kategori menarik, dan setelah diuji skala besar didapatkan presentase sebesar 86,85% dengan kategori sangat menarik. Hasil uji angket motivasi belajar siswa sebesar 86,5% kategori sangat kuat. Maka setelah melakukan validasi dan uji coba media booklet dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Sunda. Diharapkan media booklet ini bisa menjadi salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran agar pembelajaran bisa menjadi lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Booklet, R&D, ADDIE.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:49
Last Modified: 05 Aug 2025 07:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16592

Actions (login required)

View Item View Item