Rizka Melida, (2025) Pengembangan Media Kartun Animasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Rantai Makanan Kelas V di MI PGM Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107103_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108107103_2_bab1.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text
2108107103_6_bab5.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
2108107103_7_dafpus.pdf Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya faktor menyebabkan masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis diantaranya karena penggunaan media dan model yang pembelajaran yang kurang inovatif. Peneliti mengembangankan media kartun animasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi rantai makanan kelas V di MI PGM Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran yang layak dan efektif sesuai kebutuhan siswa, untuk mengetahui kelayakan media kartun animasi berbasisis kearifan lokal pada materi rantai makanan, untuk mengetahui keefektifan media kartun animasi berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui kepraktisan media kartun animasi berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian RnD (Research and Development). Peneliti menggunakan model R&D tipe ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis, Design, Developmen. Impementation, Evaluation. Peneliti dilakukan pada siswa kelas V di MI PGM Kota Cirebon yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah wawacara, angket,tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis dengan menggunaka uji wilxoson memproleh nilai Sig. 0.000 (< 0.05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa mengalami perubahan dan meningkat dari hasil post-test dan pret-test terdapat pengaruh signifikan Hasil uji N-Gain, yang menghasilkan rata-rata skor 0.7725 kategori tinggi dan persentase 77.28% kategori efektif Dengan demikian, penggunaan media kartun animasi berbasis kearifan lokal berpengaruh secara efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:19 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |