Wardatun Nikoyah, (2025) Keefektifan Media Gambar Puzzle Berbasis QR Code dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Kelas VII MTs Al�Hidayah Guppi. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110104_1_cover.pdf Download (946kB) |
![]() |
Text
2108110104_2_bab1.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text
2108110104_6_bab5.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
2108110104_7_dafpus.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membuktikan keefektifan media gambar puzzle berbasis QR Code dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Guppi. Kajian dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya materi menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis teks prosedur. Teks prosedur memiliki struktur dan ciri kebahasaan tertentu yang menuntut ketelitian dalam penulisan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan mendukung keterampilan menulis peserta didik, salah satunya melalui media gambar puzzle berbasis QR Code. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen dan desain Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Hidayah Guppi dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas VII. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 18 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes menulis teks prosedur. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 22.0. Uji validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Intraclass Correlation Coefficient (ICC) dengan hasil reliabilitas soal sebesar 0,654 dan reliabilitas lembar observasi sebesar 0,845. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 69,33 dan meningkat menjadi 73,78 pada posttest. Sementara itu, rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 73,11 dan meningkat menjadi 76,89 pada posttest. Hasil uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi posttest kelas eksperimen sebesar 0,422 dan kelas kontrol sebesar 0,288 (keduanya > 0,05). Uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua kelas bersifat homogen, dengan nilai signifikansi pretest sebesar 0,583 dan posttest sebesar 0,239. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample Test menunjukkan bahwa t hitung sebesar 1,973 lebih besar dari t tabel 1,691, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar puzzle berbasis QR Code efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Media Gambar, Teks Prosedur |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:34 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |