SRI ASI, (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Digital Pada Materi Teks Prosedur di Kelas IX SMP Negeri 2 Gunung Jati. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110031_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108110031_2_bab1.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
2108110031_6_bab5.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
2108110031_7_dafpus.pdf Download (295kB) |
Abstract
yang relevan dan efektif untuk pembelajaran teks prosedur di kelas IX SMP Negeri 2 Gunung Jati. Media mind mapping digital ini dirancang agar dapat membantu siswa memahami struktur dan langkah-langkah dalam teks prosedur dengan lebih sistematis. Dengan pemanfaatan teknologi, diharapkan siswa lebih termotivasi dalam belajar serta mampu mencapai kompetensi sesuai kurikulum yang berlaku. Selain itu, pengembangan media ini juga bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan yang sering muncul dalam pembelajaran teks prosedur, seperti kesulitan dalam menyusun langkah-langkah secara runtut dan memahami hubungan antarbagian dalam teks tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan produk pendidikan. Model yang diterapkan adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap. Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun, penelitian ini hanya melaksanakan tiga tahap pertama karena keterbatasan waktu dan biaya. Tahap-tahap tersebut dilakukan secara sistematis untuk memastikan media yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan layak digunakan oleh siswa. Hasil validasi oleh dosen ahli materi menunjukkan bahwa media mind mapping digital ini memperoleh skor total 40 dari skor ideal 50, dengan rata-rata penilaian sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut, media ini dikategorikan sebagai layak digunakan dalam pembelajaran. Sementara itu, validasi oleh dosen ahli media menunjukkan skor total 49 dari skor ideal 50, dengan rata-rata penilaian sebesar 98%, yang menempatkan media ini dalam kategori sangat layak digunakan. Dengan hasil yang diperoleh dari validasi ahli, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mind mapping digital ini dinilai efektif dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran teks prosedur. Media ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi secara lebih mudah dan menarik, tetapi juga menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Mind Mapping Digital, Teks Prosedur |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |