Soleh Nurhudin, (2025) Perbandingan prestasi belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran presentasi pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Nurul Hikmah Gantar Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN SSC.
![]() |
Text
2108104036_1_cover.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
2108104036_2_bab1.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
2108104036_6_bab5.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
2108104036_7_dafpus.pdf Download (225kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan prestasi belajar peserta didik yang menurun pada pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), karena terlalu tak jarang memakai metode pembelajaran konvensional sebagai akibatnya menyebabkan suasana belajar sebagai kurang efektif. Maka syarat ini menyebabkan prestasi belajar siswa mengalami penurunan tertentu padap embelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui bagaimanakah prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran model PBL dan model presentasi dipembelajaran IPS dikelas VIII MTs Nurul Hikmah Gantar, mengetahui seberapa besar prestasi belajarsiswa pada belajar IPS,serta membuat mengetahui bagaimana perbandingan prestasi belajar siswa menggunakan model PBL dan model pembelajaran presentasi pada mata pelajaran IPS. Model PBL ialah model pembelajaran yang kegiatan belajar tekanan peserta didik buat menemukan solusi dari perseorangan pada proses pembelajaran dalam situasi kehidupan yang nyata artinya siswa bermain peran sesuai permasalahan atau peristiwa yang nyata yang terjadi kini atau yang terjadi dimasa lampau. Metode penelitian inimemakaipendekatan kuantitatif komparatif.dengan cara membandingkan prestasi belajar peserta didik yangmemperoleh pembelajaran menggunakan modelkonvensionalsertaprestasi belajarsiswa dengan modelPBL. Teknik Pengumpulan datayang digunakan ialah: observasi, penyebaran angket, pengerjaan soal tespeserta didik dandokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu,siswakelas VIII Asebagaikelas eksperimen Idankelas VIII Bmenjadikelas eksperimen II MTs Nurul Hikmah Gantar. Hasil dari penelitian ini menerangkan Adanya perbedaan yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran PBL dibandingkan menggunakan menggunakan model konvensional karena siswa merasa semangat mengikuti pembelajaran, aktif dalam mengikuti pembelajaran serta telah sesuai indikator pada peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Nurul Hikmah Gantar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, PBL, Prestasi belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:24 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |