Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Bioentrepreneurship Sub Materi Spermathophyta Kelas X Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Di SMAN 1 Ciwaringin

Roudlotul Munawaroh, (2025) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Bioentrepreneurship Sub Materi Spermathophyta Kelas X Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Di SMAN 1 Ciwaringin. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
1908106137_2_bab1.pdf

Download (41kB)
[img] Text
1908106137_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908106137_6_bab5.pdf

Download (13kB)
[img] Text
1908106137_7_dafpus.pdf

Download (17kB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan Kreativitas dan nilai belajar siswa secara keseluruhan adalah model Project Based Learning (PjBL). Menurut Daryanto dan Raharjo (2012) Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan berdasarkan pengalamannya dan beraktifitas secara nyata. Model PJBL akan lebih baik jika digunakan menggunakan pendekatan bioentrepreneurship. Ratnasari dkk (2016) mengemukakan pembelajaran bioentrepreneurship merupakan pembelajaran yang dirancang dengan menghubungkan antara materi dengan objek nyata sehingga penggunaan perangkat pembelajaran ini memungkinkan siswa mampu menciptakan suasana belajar yang baru dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji peningkatan Krativitas belajar dan hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran menggunakan model PjBL dengan pendekatan bioentrepreneurship. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian ini menggunakan True Eksperimental pengambilan datanya menggunakan pretest-posttest control group design, dimana akan ada dua kelas yang digunakan yaitu satu kelas sebagai kelas kontrol dan dan satu kelas sebagai kelas Eksperimen. Hasil Penelitian Menunjukkan Terjadi peningkatan Kreativitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol, Nilai 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima maka terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk kagetogi kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan Kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Pendekatan Bioentrepreneuship, PjBL, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:53
Last Modified: 07 Aug 2025 04:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16755

Actions (login required)

View Item View Item