Fina Nurhijjah Najarudin, (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Untuk Mencegah Bullying Di SMP IT Nurul Barokah Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN SSC.
![]() |
Text
2108104054_1_cover.pdf Download (897kB) |
![]() |
Text
2108104054_2_bab1.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
2108104054_6_bab5.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
2108104054_7_dafpus.pdf Download (147kB) |
Abstract
Bullying di lingkungan sekolah merupakan permasalahan serius yang berdampak negatif terhadap perkembangan peserta didik, baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. Tetapi, perilaku bullying masih ditemukan di sekolah berbasis nilai-nilai keagamaan seperti SMP IT Nurul Barokah Kabupaten Majalengka, meskipun pendidikan karakter telah diintegrasikan dalam pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS merupakan mata pelajaran strategis untuk menanamkan nilai-nilai seperti empati, toleransi, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi, menganalisis implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi tersebut di SMP IT Nurul Barokah. Penelitian mengaitkan temuan ini dengan teori Thomas Lickona dan pendekatan holistik pendidikan karakter. Hal ini menunjukkan perlunya kolaborasi antara sekolah, guru, dan keluarga agar nilai-nilai karakter dapat tertanam kuat dalam diri siswa dan mencegah perilaku menyimpang. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII, guru IPS, dan wakil kepala sekolah kesiswaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter telah diterapkan melalui pengintegrasian nilai karakter ke dalam materi IPS, diskusi kelas, dan keteladanan guru. Sekolah juga mendukung pembentukan karakter melalui budaya religius dan kegiatan sosial. Namun demikian, masih ditemukan perilaku bullying verbal dan sosial yang menunjukkan belum optimalnya internalisasi nilai-nilai karakter oleh siswa. Faktor pendukung implementasi antara lain kurikulum yang relevan, peran guru, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Adapun faktor penghambat meliputi kurangnya keteladanan konsisten, minimnya keterlibatan orang tua, serta pengaruh lingkungan pertemanan yang negatif. Kesimpulannya, implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS berkontribusi positif terhadap pencegahan bullying, meskipun perlu penguatan lebih lanjut melalui kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, pembelajaran IPS, bullying, siswa, sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:54 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |