Dampak Kecanduan Game Online Mobile Legend Bang bang Pada Akhlaq Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krangkeng Indramayu

Suci Alvisahr, (2025) Dampak Kecanduan Game Online Mobile Legend Bang bang Pada Akhlaq Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krangkeng Indramayu. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
21086030034_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21086030034_2_bab1.pdf

Download (801kB)
[img] Text
21086030034_6_bab5.pdf

Download (263kB)
[img] Text
21086030034_7_dafpus.pdf

Download (262kB)

Abstract

Perkembangan pesat teknologi digital, khususnya game online seperti Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), memengaruhi kehidupan remaja, termasuk siswa SMK. Di SMKN 1 Krangkeng, kebiasaan bermain MLBB telah menjadi bagian dari aktivitas harian siswa. Intensitas bermain yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan berdampak negatif pada akhlak siswa, seperti penurunan sopan santun, tanggung jawab, dan pengabaian kewajiban belajar serta beribadah. Penelitian ini menyoroti pengaruh kecanduan game online (MLBB) pada perubahan perilaku dan moral (akhlak) siswa. Hal ini mengimplikasikan adanya kajian tentang teori kecanduan, dampak media digital terhadap perkembangan remaja, dan konsep akhlak dalam konteks pendidikan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk:1) Menganalisis kebiasaan perilaku kecanduan Game Online Mobile Legend Bang-bang pada Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krangkeng, 2) Menemukan dampak perilaku kecanduan Game Online Mobile Legend Bang-bang pada Akhlaq siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krangkeng, 3) Menganalisis Faktor yang menyebabkan siswa kecanduan Game Online Mobile Legend Bang-bang Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krangkeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari siswa kelas X, XI, dan XII serta pendidik dan Wakasek Kesiswaan di SMKN 1 Krangkeng. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) kebiasaan bermain Game Online Mobile Legend Bang-bang (MLBB) di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krangkeng, yang dimulai sejak sekolah dasar dan dipengaruhi oleh teman, keluarga, serta YouTuber Game. Lokasi bermain bervariasi, dengan durasi 1-2 jam di sekolah dan 4,5-10 jam di rumah, terutama saat libur. 2) Kecanduan Game MLBB berdampak negatif pada akhlak siswa terhadap Allah SWT (menunda sholat), orang tua (mengabaikan perintah), diri sendiri (kesehatan terabaikan), sesama (fokus berkurang saat belajar), dan lingkungan (kebersihan terabaikan).3) Faktor-faktor yang memengaruhi kecanduan meliputi kebutuhan hiburan, dorongan kemenangan, pengaruh teman sebaya, dan kurangnya pengawasan orang tua. viiIntervensi yang tepat diperlukan untuk menyeimbangkan hiburan dan tanggung jawab siswa. . Kata Kunci: Dampak Kecanduan Game Online , Mobile Legends Bang

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dampak Kecanduan Game Online , Mobile Legends Bang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:53
Last Modified: 13 Aug 2025 01:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

View Item View Item