Analisis Buku Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas V DI SDI Asmaul Husna

Ghita Ananda Farida, (2025) Analisis Buku Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas V DI SDI Asmaul Husna. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107018_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108107018_2_bab1.pdf

Download (861kB)
[img] Text
2108107018_6_bab5.pdf

Download (433kB)
[img] Text
2108107018_7_dafpus.pdf

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara kualitas buku ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka dengan minat belajar peserta didik kelas V di SDI Asmaul Husna. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran buku ajar sebagai salah satu komponen utama dalam proses pembelajaran, terutama dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis kompetensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis isi buku ajar Bahasa Indonesia yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka secara umum telah disusun dengan pendekatan yang kontekstual dan berpusat pada peserta didik. Namun, ditemukan pula beberapa faktor penghambat seperti desain visual buku yang kurang menarik, bahasa yang digunakan belum sepenuhnya sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, serta minimnya ilustrasi dan latihan yang aplikatif. Dari hasil wawancara, siswa menunjukkan minat yang lebih rendah pada bagian buku yang memuat cerita bergambar dan aktivitas kolaboratif. Faktor pendukung minat belajar meliputi: relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, keberagaman jenis teks bacaan, serta adanya ruang eksplorasi melalui tugas-tugas proyek. Sementara itu, faktor penghambat berasal dari aspek teknis buku seperti tata letak, ukuran huruf, dan keterbatasan visualisasi konten.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka, minat belajar, siswa sekolah dasar, kelas V, SDI Asmaul Husna
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:41
Last Modified: 14 Aug 2025 03:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16995

Actions (login required)

View Item View Item