Implementasi Kegiatan Menggambar Bebas Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Di TK Tunas Indonesia Kota Cirebon

FITRIYAH RIHHADATUL AISY, (2025) Implementasi Kegiatan Menggambar Bebas Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Di TK Tunas Indonesia Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
2108108003_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108108003_2_bab1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
2108108003_6_bab5.pdf

Download (256kB)
[img] Text
2108108003_7_dafpus.pdf

Download (506kB)

Abstract

Perkembangan bahasa sebagai alat komunikasi yang dapat memudahkan orang lain dalam memahami sesuatu. Bahasa juga merupakan fondasi bagi anak untuk belajar dalam kemampuan berkomunikasi, penggunaan kosakata, serta berani mengungkapkan ide secara verbal, terutama pada bahasa ekspresif. Bahasa ekspresif merupakan kemampuan anak menyampaikan ide, perasaan, dan keinginannya melalui simbol, kata-kata atau ekspresi lainnya. Hal ini dapat diekspresikan melalui kegiatan menggambar bebas, yang mana kegiatan menggambar merupakan salah satu bentuk kegiatan seni yang mampu menjadi sarana anak dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara spontan. Menstimulasi bahasa sangat penting bagi anak karena memiliki dampak yang sangat besar dalam meningkatkan bahasa anak terutama bahasa ekspresif. Sehingga diperlukan upaya pemberian stimulasi terhadap anak, baik di lingkungan sekolah ataupun keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatnya perkembangan bahasa ekspresif anak pada saat kegiatan menggambar bebas, mengetahui perkembangan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Tunas Indonesia dan mengetahui penerapan kegiatan menggambar bebas dalam meningkatkan bahasa ekspresif anak. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan guru pendamping serta seluruh peserta didik TK Tunas Indnesia Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan, dan dilanjutkan dengan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak di TK Tunas Indonesia meningkat terutama saat melakukan kegiatan menggambar bebas karena kegiatan menggambar bebas sebagai kegiatan yang dapat meningkatkan bahasa ekspresif anak di TK Tunas Indonesia. Sehingga mempermudah anak dalam berbahasa baik dengan komunikasi, memahami, penambahan kosa kata, dan lain-lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa, Menggambar Bebas, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:04
Last Modified: 14 Aug 2025 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17007

Actions (login required)

View Item View Item