Nizar Kurniadin Saleh, (2025) Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD/MI. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107066_1_cover.pdf Download (926kB) |
![]() |
Text
2108107066_2_bab1.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
2108107066_6_bab5.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
2108107066_7_dafpus.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan peserta didik akan media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis komik digital dengan tujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pengembangan media pembelajaran komik digital, mengidentifikasi pengaruh penggunaan komik digital terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa, serta mengevaluasi efektivitas komik digital dalam mendukung peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Melalui pengembangan komik digital, diharapkan siswa dapat lebih memahami isi teks dengan lebih baik, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami bacaan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement,Evaluation). Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi, lembar pretest-posttest, dan lembar angket. objek penelitian terdiri dari siswa kelas III di tiga sekolah, yaitu SD Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia (25 siswa), MIN 4 Cirebon (25 siswa), dan SDN Galunggung (25 siswa). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai dari ahli media sebesar 93,18 dan 95,45 yang termasuk dalam kategori sangat layak, lalu ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 75 dan 91,66 dengan kategori layak dan sangat layak, ahli materi mendapatkan nilai sebesar 92,85 dikategorikan sangat layak. Selain itu, keterampilan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan dengan nilai NGain sebesar 0,62 yang masuk kategori sedang, sehingga media pembelajaran Komik Digital dinilai efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Keterampilan Membaca Pemahaman, Media Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:16 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |