Nida’u Uulii Azmi, (2025) Edugame Siaga Bencana Untuk Stimulasi Kecerdasan Naturalis Anak di RA Dadap Baru Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.
![]() |
Text
2108108009_1_cover.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text
2108108009_2_bab1.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
2108108009_6_bab5.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
2108108009_7_dafpus.pdf Download (315kB) |
Abstract
Pentingnya pemahaman tentang bencana alam dan kesiapsiagaan bencana sejak dini. Potensi Edugame ini yaitu sebagai edukasi dan memfasilitasi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi anak. Kecerdasan Naturalis yaitu melibatkan kemampuan anak dalam mengenali, mengklasifikasikan dan tentang alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Edugame siaga sebagai media stimulasi kecerdasan naturalis pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan Borg and Gall informasi awal, desain produk, validasi produk, perbaikan produk, uji coba produk dan hasil akhir produk. Penelitian ini dilakukan di RA Dadap Baru. Instrumen data penelitian ini berupakan angket ahli validasi media, validasi ahli media dan penilaian pengguna. Implementasi penelitian ini melibatkan 22 anak. Adapun jenis data yang dihasilkan deskriptif kuantitafif yang dianalisis pada pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan media Edugame Siaga Bencana. Hasil penelitian media Edugame Siaga Bencana, peneliti melakukan analisis tentang pengetahuan bencana alam, pengembangan produk dan uji kelayakan media Edugame Siaga Bencana. Uji kelayakan produk diuji cobakan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna. Validasi ahli materi mendapatkan presentase 94%, ahli media 96%. Kelayakan media dapat dilihat dari hasil pengguna wali kelas B1 85% dan hasil pengguna kepala sekolah mendapatkan skor 89% termasuk kedalam kategori layak. Kemudian dilakukan implemetasi dengan presentase pra pengembangan media mendapatkan skor 47% lalu pada pasca pengembangan media mendapatkan skor 89%, hal ini menjukan bahwa media Edugame Siaga Bencana layak digunakan pada anak sebagai media pembelajaran di RA Dadap Baru kecamatan Juntinyuat. Keterbatas pada media Edugame siaga bencana ini yaitu pada proses pembuatan aplikasi sangat lama, media Edugame siaga bencana hanya dapat digunakan berbasis android dan laptop, biaya pembuatan yang tergolong mahal. Adapun kelebihan media Edugame ini yaitu membantu guru dalam pendidikan kebencanaan, media Edugame inovatif dan menarik dalam pembelajaran, media Edugame dapat mengenalkan kebencanaan pada anak usia dini, aplikasi mudah digunakan pada anak usia dini, belum banyak lembaga yang memiliki aplikasi media Edugame media layak digunakan karena sudah dinilai oleh pakar validasi ahli media, ahli materi dan pengguna .
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edugame , Siaga Bencana, Kecerdasan naturalis, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:15 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |