Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MIN I Cirebon

VANESA ANJANI, (2025) Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MIN I Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107069_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107069_2_bab1.pdf

Download (503kB)
[img] Text
2108107069_6_bab5.pdf

Download (378kB)
[img] Text
2108107069_7_dafpus.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi lisan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), terutama pada materi ―Hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib‖. Siswa cenderung pasif, kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat, dan mengalami kesulitan saat diminta mengungkapkan pemahamannya secara lisan di depan kelas. Kondisi ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang mampu merangsang keberanian serta partisipasi verbal siswa secara aktif dan terarah. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan komunikasi lisan siswa adalah penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang memanfaatkan media visual. Proses pembelajaran masih didominasi oleh ceramah dan buku teks, yang kurang mendukung gaya belajar siswa sekolah dasar yang visual dan interaktif. Oleh karena itu, media pembelajaran yang menarik, komunikatif, dan dekat dengan dunia siswa seperti komik digital (e-comic) diperlukan sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk e-comic yang layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa kelas IV MIN 1 Cirebon pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini juga mengkaji tingkat kelayakan media melalui validasi ahli dan mengamati perubahan kemampuan komunikasi siswa sebelum dan sesudah penggunaan e-comic. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penelitian mencakup angket validasi ahli materi, media, dan bahasa, serta lembar observasi kemampuan komunikasi siswa yang meliputi empat indikator. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan membandingkan hasil observasi sebelum dan sesudah penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-comic yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil validasi oleh para ahli. Rata-rata skor kelayakan media berada di atas 90%. Selain itu, terjadi peningkatan signifikan kemampuan komunikasi lisan siswa setelah menggunakan media e-comic, dari 45% menjadi 81%. Hal ini menunjukkan bahwa e-comic tidak hanya memperkaya media pembelajaran SKI, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap keterampilan komunikasi siswa dalam menyampaikan ide secara verbal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media E-Comic, Komunikasi Lisan, Sejarah Kebudayaan Islam, Model ADDIE.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:22
Last Modified: 14 Aug 2025 04:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17017

Actions (login required)

View Item View Item